10 Cara Sederhana Menghemat Listrik dan Mencegah Tagihan Membengkak

Mengapa kita harus menghemat listrik? Yah, banyak sekali alasannya. Selain merupakan salah satu langkah menuju masyarakat ramah lingkungan, ada alasan lain, yaitu mencegah tagihan membengkak.

Banyak keluarga di Indonesia yang mengeluh melihat tagihan listrik yang terus menerus naik dan seperti tidak ada turunnya. Keluhan yang sering berujung pada kecaman kepada pemerintah yang dianggap sebagai biang keladi dari semua itu.

Seringkali kecerobohan dan kelalaian kita sendiri lah yang menjadi sebab musabab dari terus bertambahnya angka pada tagihan listrik. Bukan hanya karena kebijakan pemerintah menaikkan tarif listrik.

Cobalah beberapa cara sederhana di bawah ini. Jika dilakukan secara konsisten dan terus menerus, rasanya tidak akan gagal, paling tidak, untuk mencegah tagihan listrik membengkak.

Sederhana dan tidak sulit.

10 Cara Sederhana Menghemat Listrik dan Mencegah Tagihan Membengkak

1) Matikan lampu saat tidak dipergunakan

Memang kita, manusia senang pada terang dan tidak suka kegelapan, tetapi kita tidak akan bisa berada di dua tempat sekaligus.

Jika kita sedang berada di kamar mandi, tentunya kita tidak bisa berada di dapur. Lalu untuk apa lampu kedua ruangan itu tetap menyala pada saat bersamaan.

Matikan salah satunya dan sudah pasti setidaknya akan ada daya listrik yang dihemat.

2) Matikan televisi saat sedang tidak ditonton

Menonton televisi sambil mengobrol adalah sesuatu yang tidak efektif. Susah berkonsentrasi mengikuti jalan cerita film sekaligus mencoba menangkap inti dari pembicaraan kita.

Lalu, mengapa tidak dimatikan saja televisinya? Bukankah berbincang dengan anggota keluarga yang lain lebih penting daripada sekedar film? Lagipula sudah jelas, akan ada biaya yang harus terus dibayar kalau televisi tetap menyala.

Mubazir.

3) Pergunakan lampu hemat energi

Sudah banyak sekali keluar lampu yang menghasilkan suasana terang yang sama dengan menggunakan daya listrik yang lebih rendah.

Memang, harganya masih lebih tinggi sedikit dibandingkan dengan lampu yang biasa kita beli, tetapi secara jangka panjang, lampu jenis ini akan menghasilkan penghematan daya listrik. Ujungnya, tagihan listrik tidak akan terus membengkak.

4) Pergunakan sistem token listrik

Kebanyakan pemborosan terjadi karena kita merasa terlalu bebas dan nyaman karena semua tersedia.

Cobalah batasi pemakaian listrik setiap bulannya dengan memakai sistem token listrik. Dengan memakai sistem ini, mau tidak mau kita menjadi waspada dan terbiasa membatasi pemakaian listrik hanya untuk sesuatu yang perlu saja.

5) Cabut Charger HP saat tidak dipergunakan

Memang kecil daya listrik yang diperlukan. Saking kecilnya seringkali kita menggampangkan dan menganggap remeh.

Tetapi, daya listrik sekecil apapun akan tetap ditagih kepada kita. Lalu, mengapa dibiarkan mubazir? Cabut charger HP/smartphone saat tidak sedang dipergunakan dan dengan demikian Anda sudah menghemat listrik dan mencegah tagihan membengkak.

6) Kurangi Pemakaian AC

Gerah memang. Tetapi, bukankah kita bisa membuka jendela agar udara masuk.

Kalaupun memang terpaksa harus memakainya, pakailah hanya saat diperlukan. Jangan biarkan AC tetap menyala pada saat kita sedang tidur atau hujan, karena yang terjadi adalah pemanfaatannya tidak maksimal dan akan membuat tagihan listrik kita membengkak.

7) Jangan terus nyalakan rice cooker atau magic jar

Salah satu kebiasaan buruk dalam hal pemakaian listrik adalah tetap menyalakan rice cooker dan magic jar. Banyak yang beralasan agar nasi atau makanan tetap hangat saat dimakan.

Memang, mendapatkan nasi atau makanan yang hangat menyenangkan. tetapi, jelas saat melihat tagihan listriknya tidak akan menyenangkan.

Daya listrik yang disedot oleh magic jar atau rice cooker yang menyala sepanjang hari, sudah pasti akan menghasilkan tagihan listrik yang besar pula, selain makanan hangat, tentunya.

8)  Pakai Notebook/Laptop dan bukan Desktop

Selain mobile, notebook atau laptop memiliki kelebihan lain, yaitu daya listrik yang dibutuhkannya tidak sebesar desktop.

Dengan memakai perangkat ini, maka tentunya akan ada daya listrik yang dihemat.

9) Mencucilah sekaligus banyak

Jangan setiap hari mencuci dengan mesin cuci, terutama apabila hanya ada beberapa potong pakaian kotor. Tunggulah hingga jumlahnya mencapai kapasitas maksimum mesin cuci yang Anda miliki.

Daya listrik mencuci beberapa potong dan sekaligus banyak akan tetap sama. Lalu mengapa harus melakukannya berulangkali? Kita bisa menghemat daya listrik yang terpakai, dan tentunya mencegah tagihan listrik kita membengkak tak terkendali.

10) Pergunakan setrika yang memiliki switch pengontrol

Belilah setrika listrik yang bisa mati sendiri saat sedang “idle” menganggur. Dengan begitu setrika tidak menyedot listrik pada saat dia tidak dipergunakan.

Jangan lupa pula mematikannya ketika tidak dipergunakan dan aturlah jadwal menyetrika.

Sederhana bukan. Memang tidak perlu langkah rumit untuk menghemat listrik dan sekaligus mencegah tagihan listrik membengkak. Yang perlu dilakukan hanyalah kemauan dan sedikit upaya.

Hal ini tentunya akan mengurangi keluhan kita terhadap biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar tagihan listrik.

Ingat juga bahwa sudah bisa diharapkan bahwa tarif listrik akan terus naik setiap tahunnya. Biaya untuk memproduksinya tidaklah murah dan kita harus mendukung gerakan penghematan listrik dengan cara-cara sederhana ini.

Bukan begitu, Kawan?

Tags: