10 Ciri-Ciri Blog Yang Menarik dan Berkualitas

Terus terang, bukan sebuah perkara yang mudah untuk menemukan blog yang menarik dan berkualitas di zaman sekarang. Ada ratusan juta blog yang beredar di dunia maya , ditulis oleh jutaan orang, dan dengan jutaan topik yang berbeda pula.

Sangat sulit untuk bisa merumuskan sebuah kriteria pasti tentang bagaimana cici-ciri blog yang menarik dan berkualitas itu sebenarnya. Bahkan, kalau mau dikata merupakan sebuah misi yang hampir mendekati mission impossible, alias misi yang tidak mungkin.

Yang membuatnya hampir menjadi misi yang mustahil adalah juga karena kata menarik dan berkualitas sendiri adalah sesuatu yang relatif. Setiap orang punya kadar ketertarikan yang berbeda terhadap satu hal, seperti si A menganggap tulisan pendek dan to the point lebih enak dibaca dibandingkan yang panjang dan rinci, sebaliknya si B menganggap tulisan pendek sebagai sebuah hal yang tidak baik.

Jadi, sulit sekali membuat sebuah rumus tertentu yang bisa membantu orang menemukan blog yang menarik dan berkualitas itu, alias dengan kata lain membuat sebuah standar dan patokan.

Tetapi, dalam perjalanan sebagai seorang blogger, saya ternyata secara tidak disadari bisa memilah-milah dalam mencari bahan bacaan di internet, termasuk diantaranya blog. Karena saya juga seorang kutu buku yang banyak membaca, secara perlahan saya bisa menemukan beberapa ciri dan kriteria blog yang menarik dan berkualitas (setidaknya menurut ukuran saya).

Beberapa hal yang tertulis di bawah ini adalah ciri-ciri yang selalu saya cari untuk menemukan blog yang menarik dan berkualitas yang layak dibaca.

10 Ciri-ciri blog yang menarik dan berkualitas

Pengalaman saya mengatakan bahwa blog yang melakukan hal-hal di bawah ini layak dibaca :

1) Tidak Menggurui

Perhatikan kalimat awal pembukanya, jika sang penulis mengatakan”Pada artikel ini saya akan menjelaskan.. bla bla bla”, biasanya saya akan langsung tutup.

Sejak awal sang blogger sudah menempatkan diri bukan sebagai teman, tetapi sebagai guru dan orang yang lebih pintar. Biasanya gaya bahasa yang dipergunakan akan sangat teoretis dan sulit dipahami.

Biasanya tulisan selanjutnya justru akan membuat ngantuk saja.

Jadi, sikap dan gaya bahasa tidak menggurui adalah ciri khas wajib sebuah blog yang menarik dan berkualitas versi saya.

2) Informatif

Tidak berarti harus seperti berita, tetapi setidaknya ada informasi atau tambahan pengetahuan yang bisa diambil setelah selesai membaca.

Mau hanya sekedar bagaimana memasak sayur asem, atau membersihkan kamar mandi, tetap harus ada yang bisa diambil, tidak boleh tidak.

Kalau tidak ada yang bisa dibawa pulang, untuk apa membacanya? Iya nggak.

3) Menghibur

Tidak melulu kita membaca hanya untuk mencari informasi. Seringkali juga kita membaca hanya sekedar untuk mengisi waktu senggang dan mencari hiburan.

Oleh karena itu, ada saatnya sebuah blog harus bersifat menghibur, bahkan tanpa harus meninggalkan sisi informatifnya. Itu juga alasan mengapa sebuah blog yang menggurui tidak akan bisa masuk dalam kategori blog menarik dan berkualitas versi saya, karena gaya bahasa yang kaku sama sekali tidak menghibur dan hanya membuat ngantuk saja.

4) Ringan

Dalam artian, serius tapi santai, tidak berbelit dan dikemukakan dalam bahasa yang lugas, dan tidak penuh dengan istilah yang aneh dan sulit dipahami.

Kalau memang hendak mencari informasi yang formal, resmi dan berat , maka saya akan mengunjungi website dari organisasi. Biasanya lebih terpercaya dan dalam bahasa yang formal.

Kalau mau lebih serius lagi, saya akan membeli buku teori yang tentunya lebih detail dan berisi dibandingkan sebuah blog.

Jadi, gaya bahasa yang ringan adalah juga keharusan bagi sebuah blog untuk disebut menarik dan berkualitas, versi saya lo.

5) Berisi Pemikiran Baru

Lha, ya untuk apa membaca sebuah hal berulangkali. Tidak ada gunanya dan hanya menghabiskan waktu saja. Kalau membaca teori soal memasak rendang jengkol yang baik dan benar, cukuplah membaca dua atau tiga artikel tentang itu saja, kenapa harus baca 100 teori memasak rendang jengkol.

Buang-buang waktu mendingan langsung masak jengkol saja.

Jadi, sebuah blog yang menarik dan berkualitas haruslah berisi berbagai pemikiran baru dan bukan hanya sekedar membebek, istilah saya, untuk penulisan ulang yang sudah ditulis ribuan kali oleh orang lain.

Dan biasanya, kalau penulisnya memulai dengan gaya menggurui, biasanya tidak akan ada pemikiran baru disana. Biasanya mereka hanya menulis ulang apa yang mereka baca saja.

6) Blognya sederhana tapi fungsional

Maksudnya tidak ada aplikasi-aplikasi aneh yang berlebihan. Sederhana saja, toh saya berkunjung kesana untuk membaca.

Tidak perlu ada aplikasi-aplikasi aneh, seperti pop-up untuk berlangganan. Juga warna background-nya jangan sampai membuat tidak enak dilihat mata.

Hal itu menyulitkan saya sebagai pembaca.

7) Tidak banyak iklan

Baru mau baca, sudah muncul iklan pop-up di layar. Biasanya saya langsung hijrah saja dan tekan tombol close.

Tidak ada gunanya masuk ke sebuah blog yang pemiliknya hanya sekedar mengejar uang saja tanpa memperhatikan kenyamanan pembaca. Lupakan saja.

Lagi pula, bagaimana bisa disebut blog yang menarik dan berkualitas kalau sejak awal pengunjungnya saja sudah menekan tombol close dan kabur karena pusing melihat iklan.

8) Bloggernya Ramah

Siapapun akan suka orang yang ramah. Bukan berarti berlebihan, tetapi tentunya seorang pembaca yang butuh informasi tambahan dan bertanya di kolom komentar akan merasa senang dan gembira kalau pertanyaan mereka dijawab dengan cepat, tepat.

Jadi kalau bloggernya sudah tidak ramah dan tidak mau menjawab komentar, agak bete juga kembali kesana.

9) Update

Salah satu ciri wajib blog yang menarik dan berkualitas adalah “update”. Meski sebuah blog menarik, tetapi kemudian tidak ada lagi artikel baru yang terbit, ketertarikan itu akan perlahan tapi pasti menghilang.

Blog itu tidak lagi menjadi menarik dan pantas dikunjungi.

Untuk apa, toh tidak ada sesuatu yang baru disana. Masa saya harus membaca ulang yang sudah dibaca. Tidak seru.

10) Judulnya Tidak Bombastis

Kalau judulnya sudah seperti teriakan tukang obat di pasar, biasanya saya malah malas masuk. Isinya biasanya tidak sesuai dengan gembar gembornya.

Apalagi, saya juga seorang blogger yang paham betul tentang trik-trik para blogger mencari pengunjung. Penggunaan judul yang heboh dan bombastis adalah salah satu caranya dan biasanya isinya justru kosong melompong.

Jadi, kalau ada blog yang isinya artikel dengan judul yang heboh-heboh, saya biasanya malah langsung memberi cap blog tidak menarik dan tidak berkualitas.

Nah, itulah ciri-ciri blog yang menarik dan berkualitas, versi saya. Dengan kriteria-kriteria sederhana ini, saya berhasil memilah mana blog yang layak dan pantas dibaca dan mana yang harus dilewat saja.

Paling tidak saya bisa menghemat waktu dan tidak perlu membuang waktu.

Siapa tahu 10 kriteria blog yang menarik dan berkualitas versi saya ini bisa juga bermanfaat untuk Anda? Siapa tahu.

Tags: