10 Fakta Unik Merlion – Duyung Berkepala Singa?

Fakta unik Merlion - Duyung Berkepala Singa

Tahukah Anda apa itu Merlion? Pastinya karena sebagai anggota negara ASEAN, rasanya paling tidak kita mengetahui ikon utama dari salah satu negara tetangga Indonesia, Singapura. Merlion memang merupakan ikon dari negara tersebut.

Nama Merlion sendiri terbentuk dari dua buah kata dari bahasa Inggris, yaitu Mermaid atau Ikan Duyung dan Lion atau Singa. Hal iu tercermin dari bentuk Merlion yang memiliki tubuh “Duyung” dan kepala “Singa”

Simbol negara Singapura ini kerap menjadi sasaran bagi para turis yang berkunjung ke negara pulau tetangga pulau Batam ini. Hampir setiap orang yang berwisata kesana akan berusaha untuk mendapatkan foto berlatarbelakang patung singa bertubuh duyung itu.

Nah, ternyata ada beberapa pakta menarik tentang Merlion itu senditi, yaitu :

1. Merlion lebih tua dari Singapura

Ya, usia Merlion 1 tahun lebih tua dari Singapura. Simbol ini dirancang pada tahun 1963 dan kemudian secara resmi digunakan sebagai logo Singapore Tourism Board pada tahun 1964. Singapura sendiri baru menjadi negara merdeka pada tahun 1965, sehingga Merlion 1 tahun lebih tua dari Singapura

2. Makna dan tujuan dibuatnya Merlion

Lalu, apa yang disimbolkan oleh Merlion? Apa maknanya? Ternyata tubuh “ikan duyung” pada Merlion sendiri melambangkan asal Singapura pada masa lalu yang merupakan sebuah desa nelayan. Tujuannya adalah untuk menyambut semua pengunjung ke Singapura.

3. Merlion Pernah Disambar petir

Pada tahun 2009, Taman Merlion Singapura mengalami badai petir dan kilat menyambar patung Merlion yang ada disana. Kerusakannya cukup parah karena beberapa bagian patung jatuh dan hampir menimpa sekelompok wisatawan yang sedang berada disana. Untung saja tidak ada yang celaka pada peristiwa tersebut.

4. Merlion Tertinggi di Singapura

Patung Merlion bukan hanya ada satu, ada beberapa lokasi yang memajang patungnya. Dan, diantara semuanya yang tertinggi terletak di Mount Fiber (Bukit Fiber). Tingginya sekitar 3 meter dan terletak di Fiber Point, titik tertinggi di Mount Fiber.

5. Merlion Terbesar di Singapura

Yang terbesar berada di Sentosa. Ukurannya mencapai 37 meter dan pengunjung dapat memasuki badan patung ini.

6. Gigi Merlion

Tidak ada simbol yang tanpa makna. Salah satu bagian Merlion, yaitu setiap giginya mewakili satu kelompok etnis yang ada di Singapura.

Jadi, kalau mau tahu ada berapa etnis yang ada di negara tetangga tersebut, hitung saja gigi Merlion.

7. Merlion muncul di Anime

Anime memang salah satu bentuk budaya Jepang, tetapi ternyata ada beberapa anime yang berlandaskan Merlion dalam film-film anime Jepang. Sebagian diantaranya adalah Cowboy Behop, Hajime Satō, Hidamari Sketch, Seitokai no Ichizon dan banyak lagi.

8. Biaya membangun Merlion

Tidak murah ternyata kalau dilihat dari jumlahnya, tetapi tentunya murah kalau melihat apa yang disimbolkan dan dilambangkannya.

Singapura menghabiskan jutaan dollar untuk membangun patung-patung Merlion. Biaya untuk membangun Merlion asli di Taman Merlion adalah sekitar S $ 165.000, tetapi relokasi dan perluasan Taman Merlion menghabiskan biaya sekitar S $ 7,5 juta.

Biaya terbesar dihabiskan untuk mendirikan patung Merlion setinggi 37 Meter di Sentosa yang mencapai angka S $ 8M.

9. Perancang Merlion

Banyak yang bertanya-tanya siapa perancang Merlion itu. Makhluk imajiner berkepala singa dengan tubuh ikan ini Alec Frederick Fraser=Brunner, seorang ahli Ichtyology (ilmu tentang ikan) berkebangsaan Inggris.

10. Merlion memiliki pemilik

Seperti kebanyakan hewan peliharaan, Merlion juga memiliki pemilik. Pemiliknya adalah Singapore Tourist Board.

Nah, mana di antara fakta-fakta tadi yang sudah Anda tahu sebelum membaca artikel ini?

Tags:
author

Author: