Adakah Keuntungan Menjadi Blogger ? Tentu Saja ! Buaanyaak!

Adakah Keuntungan Menjadi Blogger

Apa sih keuntungan menjadi blogger ? Mengapa sih gemar sekali bercerita tentang diri sendiri? Terkena penyakit narsis yah?

Banyak orang memiliki pandangan seperti itu ketika mendengar seseorang mengatakan kalau ia adalah seorang blogger. Yang terbayang di benak adalah orang-orang yang kurang kerjaan dan terkena sindrom narsisme karena gemar bercerita tentang diri mereka sendiri. Oleh karena itulah, blogger kerap dipandang sebelah mata oleh banyak orang.

Tidak heran juga banyak yang heran ketika pemerintah Indonesia menetapkan tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional tahun 2007.

Sesuatu yang sebenarnya sangat wajar hadir dalam masyarakat. Pro dan kontra adalah sesuatu yang merupakan kodrat kehidupan manusia. Tidak ada yang aneh. Apalagi hal itu biasanya lahir dari ketidakmengertian terhadap sesuatu hal.

Masyarakat Indonesia sendiri, walau sudah mulai banyak yang paham dan mengerti, masih memiliki lebih banyak lagi yang tidak mengerti tentang apa itu blogger, apa keuntungan menjadi blogger bagi diri pribadi atau manfaatnya bagi masyarakat. Kurangnya sosialisasi tentang hal inilah yang menjadi penghambat perkembangan dunia blogging Indonesia dan membuat masyarakat masih memandang rendah kepada yang namanya blogger.

Padahal sebenarnya, kalau dijelaskan secara rutin dan terus menerus, dan masyarakat menjadi paham tentang keuntungan menjadi blogger, bukan tidak mungkin jumlah blogger di Indonesia akan meningkat dari tahun ke tahun.

Sayangnya, berbagai penyebaran informasi tentang hal itu masih terasa sekali kurang. Untuk itulah satu artikel dalam Pojok Menulis ini akan mencoba memberikan sedikit gambaran tentang keuntungan yang bisa didapat seseorang, dan juga masyarakat, ketika ia memutuskan menjadi seorang blogger.

Silakan dilihat di bawah ini.

Keuntungan Menjadi Blogger Bagi Pribadi Seseorang

O ya. Bisa dimakliumi sekali kalau keuntungan bagi pribadi pelaku menjadi alasan seseorang melakukan sesuatu. Begitu juga dalam hal ini, wajar saja kalau ada orang bertanya tentang keuntungan memiliki blog dan menjadi blogger kalau mereka terjun ke dalam dunia ini.

Hal-hal tersebut di bawah ini adalah “sesuatu” yang akan didapat seseorang saat menjadi seorang blogger.

1) Mendapatkan Skill/Kemampuan Menulis

Ngeblog atau blogging adalah tentang menulis atau mengungkapkan pikiran, ide, rasa ke dalam bentuk tulisan. Mau tidak mau seorang blogger harus menulis untuk memastikan blognya tetap hidup.

Practice makes perfect. Berlatih akan melahirkan kesempurnaan. Alah bisa karena biasa.

Kebiasaan menulis yang harus dilakukan seorang blogger, perlahan tapi pasti akan memberinya sebuah skill atau kemampuan, yaitu “menulis”.

Skill ini akan sangat bermanfaat di kala mereka harus terjun ke dunia nyata karena banyak sekali pekerjaan atau profesi yang berkaitan dengan kegiatan menulis, seperti membuat laporan, membuat skripsi, surat menyurat, dan masih banyak lagi hal yang memerlukan keahlian dalam bidang menulis.

Seorang blogger tentunya tidak akan terlalu kesulitan dalam hal ini. Mau tahu sebabnya? Ya karena mereka sudah terbiasa melakukannya.

2) Mendapatkan Pekerjaan

Terbayang mendapatkan pekerjaan karena kegiatan ngeblog? Sulit. Tetapi, bukan hal yang mustahil. Perkembangan di berbagai negara , termasuk Indonesia menunjukkan bahwa hampir setiap perusahaan akan mempunyai “blog” di webiste mereka.

Hal ini menghadirkan jenis pekerjaan baru, yaitu sebagai pengelola blog di perusahaan itu atau sebagai blogger perusahaan. Peluang yang tentunya memberikan kesempatan besar bagi mereka yang berpengalaman dalam bidang itu, yaitu siapa lagi kalau bukan para blogger.

Banya perusahaan yang mulai memberikan nilai tambah pada pelamar yang mencantumkan pengalaman mereka sebagai blogger.

3) Mendapatkan penghasilan

Sudah menjadi rahasia umum kalau blog tidak lagi hanya sekedar tempat menulis. Banyak orang yang sudah mulai menyadari peluang yang diberikan blog untuk mendapatkan penghasilan.

Kebanyakan memang masih bercita-cita untuk bisa mengisi pundi-pundi mereka dari periklanan semacam Google Adsense. Meskipun demikian, sudah cukup banyak juga blogger yang memanfaatkannya sebagai tempat untuk menjual produk atau barang.

Ada banyak cara untuk ini yang sudah dilakukan para blogger.

4) Mendapatkan Ketenaran

Banyak orang ingin terkenal. Itulah mengapa berbagai ajang pencarian bakat dibanjiri mereka yang ingin menjadi sorotan publik atau selebriti, alias orang terkenal.

Ternyata, mengelola blog pun memberikan kesempatan seseorang menjadi terkenal. Nama-nama Trinity, Marischka Prudence, Agus Mulyadi, Dian Pelangi atau Diana Rikasari dan masih banyak lagi nama lainnya adalah mereka yang sudah membuktikan bahwa blog yang mereka kelola bisa membawa mereka kepada ketenaran.

Mereka banyak diundang menjad pembicara atau trend-setter karena keberhasilan menarik perhatian banyak orang lewat blog yang dikelolanya.

Jangan lupakan juga nama Enda Nasution, yang dikenal sebagai “Bapak Blogger Indonesia”.

5) Mendapatkan pengalaman manajerial

Tidak ada blog yang sukses tanpa kemampuan manajerial yang baik. Seorang blogger harus paham bagaimana mengatur waktu, memahami keinginan pembaca, melakukan promosi. Ibaratnya seorang blogger mengelola sebuah media informal sendiri.

Sadar atau tidak disadari, seorang blogger akan memahami berbagai hal, terutama dalam koordinasi yang biasanya dilakukan oleh seorang manajer.

Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan jikalau mereka kemudian ingin terjun dalam bidang bisnis atau jenis pekerjaan lainnya. Mereka tidak akan merasa aneh untuk mengkoordinasikan berbagai hal untuk mencapai target.

Keuntungan Menjadi Seorang Blogger

6) Memiliki jaringan

Pernah tahu apa yang biasanya dibawa oleh para salesman ketika mereka mengundurkan diri dari sebuah perusahaan untuk pindah ke perusahaan lainnya? Barang berharga? Komputer? Bukan.

Kebanyakan akan membawa buku kartu nama yang diberikan oleh orang-orang yang pernah berhubungan dengannya.

Mengapa? Karena mereka menyadari bahwa nama-nama itu adalah jaringan yang bisa sangat bermanfaat di masa yang akan datang. Jangan heran ketika Anda dikontak seorang pemasar yang dulu pernah Anda beri kartu nama saat bekerja di perusahaan lamanya. Hal itu adalah sebuah hal yang biasa dilakukan.

Salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh para blogger yang mirip dengan hal itu adalah blogwalking. Banyak blogger yang memandang kegiatan ini terlalu remeh dengan hanya sekedar mencari backlink saja. Padahal, blogwalking bisa dimanfaatkan lebih dari itu.

Sebenarnya, secara tidak disadari ada network yang terbentuk ketika melakukan blogwalking. Setiap blogwalking biasanya akan menambah satu kenalan baru yang di masa depan mungkin bisa bermanfaat dalam kepentingan lain.

7) Mendapatkan teman

Kalaupun blogwalking tidak bisa diubah menjadi sebuah penjualan, yah tidak apa-apa, setidaknya tetap ada teman baru.

Bagaimanapun, setiap manusia harus bergaul dan biasanya akan senang ketika mendapatkan teman baru. Apalagi, jika ia pun memiliki kesamaan, seperti hobi yang sama, yaitu ngeblog.

Banyaknya teman yang tersebar di berbagai tempat yang berbeda pun akan memudahkan jikalau suatu waktu kita harus bepergian ke tempat tersebut.

8) Mendapatkan jodoh

O ya. Kata siapa blogger sudah pasti akan menjadi jones, jomblo ngenes karena terlalu sering menghabiskan waktunya sendiri.

Buktinya ada kejadian diaman dari kolom komentar pun, seorang blogger mendapatkan jodoh.

Jadi, walaupun jarang terjadi, mendapatkan jodoh dari blog mungkin saja terjadi.

9) Mengurangi kemungkinan terkena penyakit

Penelitian menunjukkan bahwa menulis bisa membantu penyembuhan terhadap banyak penyakit kejiwaan yang dialami manusia, seperti stress, depresi, susah tidur, dan masih banyak lagi. Banyak penelitian juga menyebutkan bahwa persentase pekerja yang diPHK dan kemudian menuliskan pengalamannya berpeluang lebih besar untuk segera mendapatkan pekerjaan baru dibandingkan yang tidak menuliskannya.

Menulis pun kerap dipergunakan sebagai terap yang membantu penyembuhan.

Dan, blogging atau ngeblog adalah tentang menulis. Banyak blogger yang menceritakan berbagai kesedihan dan pengalaman tragis yang dialaminya. Dan, secara tidak sadari mereka melepaskan perasaan sedih, sakit yang dialaminya. Hal itu secara tidak disadari membuat lega hati mereka.

Pada akhirnya, hal itu bisa menghindarkannya dari perasaan tertekan yang berkelanjutan.

Hal seperti ini adalah keuntungan menjadi blogger yang paling dianggap remeh. Padahal, hasilnya sering secara langsung terasa setelah selesai menuliskan apa yang dialaminya sebagai artikel pada blog yang dikelolanya.

10) Menjadi orang yang lebih berpengetahuan

Tidak pernah sesederhana yang terliihat.

Untuk membuat sebuah tulisan, seorang blogger biasanya mengalaminya sendiri atau harus mencari referensi sebagai penunjang. Bisa dikata, di balik layar sebuah blog, ada seseorang yang mau tidak mau dipaksa untuk menambah pengetahuannya dengan berbagai cara.

Situasi dan kondisi yang dihadapi seorang blogger memaksanya untuk terus belajar dan belajar. Hal itu akan mendorong seorang blogger untuk menjadi orang yang lebih berpengetahuan dari sebelumnya.

keuntungan menjadi seorang blogger

11) Menjadi orang yang lebih kreatif

Mayoritas blogger akan berusaha mendatangkan sebanyak mungkin pembaca ke blog yang dikelolanya. Padahal, tingkat persaingan dalam dunia blog semakin hari semakin ketat dan berat.

Para blogger akan terus dipaksa untuk berpikir dan berpikir untuk menemukan cara baru untuk “memenangkan” persaingan. Mereka terus dipaksa untuk memaksimalkan kreativitas agar pembaca mau datang atau mengatasi masalah yang datang.

Ujungnya, mentalitas dan pola pikir mereka terbentuk untuk menjadi manusia yang lebih kreatif dari sebelumnya, dan akan terus berkembang karena situasinya memaksanya menjadi orang yang lebih kreatif lagi.

12) Bisa menyebarkan ide dan pemikiran dengan bebas

Acapkali, sebuah ide atau pemikiran baru terhambat karena adanya hambatan birokrasi atau sistem yang ada. Tidak jarang, sebuah ide kreatif tidak bisa terwujud karena tidak ada saluran yang bisa dipakai.

Dengan menjadi blogger, hal itu bisa diterobos dan diatasi. Tulis saja ide dan pemikiran yang muncul di kepala dan terbitkan di blog. Kerap kali hal sederhana itu akan mengundang reaksi dan respon dari mereka yang berpandangan sama atau bahkan mempengaruhi orang lain agar mengikuti ide tersebut.

Banyak ide yang kemudian bisa diwujudkan secara nyata ketika dukungan bisa digalang via blog.

—–

Itulah keuntungan menjadi blogger yang kerap kali tidak terlihat oleh masyarakat awam. Ketidaktahuan lah yang menyebabkan mereka memandang sebelah mata yang namanya blog atau blogger.

Padahal, di zaman sekarang, hasil kerja keras para blogger lewat blognya sudah mereka rasakan, seperti L:

  • ketersediaan informasi murah bahkan gratis untuk memecahkan masalah yang ada di keseharian
  • mendapatkan hiburan untuk pengobat lelah setelah keseharian, seperti yang mereka dapatkan saat membaca blognya Agus Mulyadi
  • mendapatkan pengetahuan baik dari hasil pengalaman ataupun penulisan ulang yang dilakukan para blogger
  • bisa “melihat” dunia lain, bahkan tanpa perlu mengeluarkan uang hanya dengan membaca pengalaman para blogger traveler
  • merasa termotivasi setelah membaca kisah hidup yang disampaikan para blogger

Penghargaan terhadap berbagai manfaat ini seharusnya diberikan kepada para blogger. Sayangnya, banyak anggota masyarakat yang menganggapnya sebagai hasil dari Google atau Yahoo yang menyediakan informasi.

Sudah saatnya masyarakat juga mengetahui hal ini. Itulah mengapa tulisan ini dibuat sekedar memberi gambaran kecil tentang manfaat yang diberikan oleh para blogger bagi perkembangan Indonesia dan di dunia. Mungkin, dengan mengetahui hal-hal seperti ini dan juga tentunya keuntungan menjadi blogger akan semakin banyak orang yang tertarik untuk menggeluti kegiatan mengelola blog ini.

Semoga.

Tags:
author

Author: