Alasan Mengapa Baju Mengkerut

Ada dua kesalahan umum yang menjadi alasan mengapa baju mengkerut. Hal-hal ini umum dilakukan dan sebenarnya rentan membuat pakaian menyusut.

Memakai air hangat/panas saat merendam/mencuci

Memang pemakaian air hangat atau air panas dapat membuat kotoran terlepas dari serat kain lebih mudah. Tetapi, tidak semua jenis bahan pakaian bisa ditangani dengan sekedar memakai air panas.

Justru air panas bisa membuat pakaian mengkerut.

Bahan-bahan kain yang rentan untuk mengkerut jika direndam atau dicuci dengan air panas adalah yang terbuat dari serat alami seperti katun, rayon, viscose dan sejenisnya. Bahan alami ini lebih sensitif dibandingkan dengan serat buatan manusia seperti nylon dan polyester.

Oleh karena itu, perhatikan “care label” atau label petunjuk pemakaian yang biasanya ada pada bungkus dan sering juga dijahit pada bagian bawah sebuah baju atau kemeja.

Menggunakan suhu yang terlalu tinggi saat menyetrika

Baju yang terbuat dari nylon atau polyester jangan disetrika dengan suhu yang terlalu tinggi. Hal ini akan membuat serat-seratnya mengkerut seperti plastik terbakar.

Bila ini terjadi, hampir tidak mungkin memperbaikinya.

Pakaian yang kainnya terbuat dari serat alami sebaliknya mereka lebih tahan panas dan justru memerlukannya suhu yang agak tinggi supaya bisa lebih licin saat disetrika.

Perhatikan “care label” pada pakaian agar pakaian Anda tidak mudah mengkerut.

(Catatan : Penulis bekerja di bidang tekstil selama lebih dari 20 tahun)

(Baca juga : Mengapa warna pakaian luntur?)

Rate this article!
Tags: