Anda TIdak Akan Mendapat Kantung Plastik Ketika Berbelanja di Kota Ini

Di Indonesia, cuma karena harus membayar Rp. 200 per kantung plastik saja, sudah banyak orang yang ribut dan berkeberatan. Tetapi, di kota ini Anda tidak akan mendapatkan kantung plastik ketika berbelanja. Kemungkinan besar Anda harus mempersiapkan sendiri kantung belanja Anda.

San Jose nama kotanya. Lokasinya di Negara Bagian California, Amerika Serikat. Penduduknya hanya sedikit di atas 1 juta.

Sejak tahun 2012 yang lalu, tepatnya 1 Januari, pemerintah kota ini mengeluarkan peraturan yang salah satu intinya melarang para pemilik usaha atau toko untuk memberikan kantung plastik kepada pembeli. Peraturan ini bernama unik, yaitu Peraturan “Bring Your Own Bag” atau jika diterjemahkan “BAWA SENDIRI KANTUNG ANDA”.

Inti dari peraturannya adalah

  1. Semua pemilik toko, usaha eceran, besar atau kecil dilarang memberikan atau menjual kantung plastik kepada pembelinya.
  2. Pemilik toko diperbolehkan menjual kantung belanja yang terbuat dari kertas dengan harga “MINIMUM” 10 cents atau sekitar 1300 rupiah dengan kurs saat ini. Dengan syarat kantung kertasnya terbuat dari 40% bahan hasil recycle.

Hal ini dikarenakan pemerintah setempat menyadari dua hal penting :

  1. Plastik adalah musuh lingkungan dan sulit ter-urai di tanah secara alami. Butuh puluhan tahun untuk terurai.
  2. Kertas terbuat dari kayu dan untuk membuat kertas harus mengorbankan banyak pohon. Pemanfaatan yang berlebihan akan berbahaya bagi lingkungan.

Hasilnya, kota San Jose berhasil mengurangi sampah plastik di kotanya.

Sayang sekali, sepertinya masyarakat Indonesia masih jauh sekali dari hal seperti ini.

Tetapi, tidak ada yang tidak bisa. Bagaimana kita mulai dari sekarang? Kita mulai dari diri sendiri dengan menolak menerima kantung plastik dari toko dan kita bawa sendiri kantung belanja kita? Mudah kok.

Tags: