Apa itu URL? Tidak Beda Dengan Alamat

URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator. Kalau dalam bahasa Indonesia, maka artinya adalah sistem atau alat untuk menentukan lokasi suatu sumber yang seragam.

Dalam istilah yang lebih sederhana, URL adalah alamat dari sebuah sumber, dapat berupa file atau data atau hal lainnya di suatu tempat (yang biasanya berupa server).

Contoh URL pasti sudah sering Anda lihat, tetapi mungkin Anda belum menyadari bahwa yang seperti ini namanya adalah URL.

Contoh :

  • www.pojokmenulis.lovelybogor.com
  • http://pojokmenulis.lovelybogor.com
  • www.google.com
  • http://google.com

Inilah bentuk dan yang namanya URL. Variasinya banyak, tetapi pada dasarnya URL adalah deretan kode yang menunjukkan letak dimana sebuah sumber berada.

Biasanya kalau seseorang mengklik sebuah “link” berisikan deretan kode seperti di atas atau memasukkannya ke dalam kolom pencarian sebuah browser (penjelajah internet0, maka browser akan terbuka dan pada layar monitor komputer atau gadget akan segera tampil sebuah halaman website.

Pada dasarnya, Anda dibawa ke sebuah tempat penyimpanan file atau data (server) lain untuk mengambil/mengunduh datanya dan kemudian menampilkannya di layar komputer atau gadget/smartphone Anda.

Jadi, URL intinya adalah alamat sebuah sumber, baik data, sistem, atau berbagai hal lainnya di internet.

Rate this article!
Tags: