Apa Perbedaan Kambing Dan Domba?

Apa perbedaan kambing dan domba? Hmmm…Perbedaannya? Jelas, lah. Dari kata-kata saja sudah jelas berbeda. Bukankah ada istilah ‘adu domba’dan tidak ada ‘adu kambing’. 😀 Becanda! Tetapi, apa sih perbedaannya? Ternyata sangat mudah untuk membedakannya. Yang paling jelas terlihat perbedaannya adalah dari bentuk bulunya. Bulu kambing lurus, sementara bulu domba keriting. Tetapi tidak hanya itu saja. Masih ada ciri lain lagi yang dapat membedakan antara kambing dan domba.

Apa perbedaan kambing dan domba?

Perbedaan antara kambing dan domba yang paling mudah dikenali adalah dengan melihat bulu dan tanduknya. Seperti yang disebutkan di atas, bulu kambing lurus, sementara bulu domba keriting. Tanduk kambing lurus atau agak melengkung ke belakang, sedangkan tanduk domba melengkung ke belakang dan berpilin.

Selain itu, domba lebih suka bergerombol dibanding kambing. Domba biasanya merumput pada pagi dan sore hari, sementara kambing merumput sepanjang hari. perkawinan pertama domba terjadi pada umur 18 bulan, sementara kambing pada umur 10 sampai 12 bulan. Masa kehamilan domba berlangsung selama 141 sampai 159 hari, masa kehamilan kambing berlangsung selama 147 hari.

Ketika dimasak, daging kambing berwarna lebih merah dan aromanya lebih tajam daripada daging domba. Menurut orang banyak, daging kambing lebih enak dan gurih daripada daging domba. Lemak daging kambing lebih keras dan putih, dibandingkan dengan lemak daging domba. Selain itu, kadar lemak jenuh pada kambing lebih rendah daripada kadar lemak jenuh pada daging domba.

 

Rate this article!
Tags: