Apa Perbedaan Katak Dan Kodok?

Katak dan kodok. Saya selalu menganggap bahwa tidak ada perbedaan di antara keduanya. Menurut saya, itu dikarenakan perbedaan dalam penyebutan saja. Katak, sebutan untuk kodok dalam Bahasa Indonesia. Sedangkan, kodok adalah sebutan untuk katak menurut bahasa daerah.:-D Apalagi kedua kata itu termasuk palindrom (kata yang dibaca dari depan dan belakang tetap sama). (Sungguh, sebenarnya tak ada hubungannya, bukan?). Dan, ternyata, anggapan saya itu salah! Adakah yang memiliki anggapan yang sama seperti saya? Berarti, anggapan Anda salah juga. he..he..Jadi, sebenarnya, apa perbedaan katak dan kodok?

Apa perbedaan katak dan kodok?

Dalam bahasa Inggris, katak disebut toad, sedangkan kodok disebut frog. Kedua hewan ini memang mirip, tetapi sebenarnya berbeda. Yang membedakannya adalah bentuk secara fisik dan tempat hidup.

Katak adalah hewan amfibi dengan makanan utamanya adalah serangga-serangga kecil. Katak memiliki tubuh yang langsing, berkulit basah (lembab), tipis dan halus. Memiliki kaki yang panjang sehingga dapat melompat jauh, dan biasanya hidup di daerah yang basah atau berair.

Sedangkan kodok, juga sering disebut bangkok. Merupakan hewan amfibi yang makanan utamanya juga adalah serangga-serangga kecil. Tetapi, tampilan fisik kodok berbeda dengan katak. Kodok memiliki tubuh yang lebar atau besar, kulitnya kering, tebal dan kasar. Kakinya relatif pendek, sehingga lompatannya juga hanya berjarak penek. Kodok biasanya hidup di daerah yang lebih kering.

Nah, jadi, sudah jelas, kan, perbedaan antara katak dan kodok? Jadi, jangan samakan Pangeran Katak dengan Pangeran Kodok. Keduanya sudah jelas berbeda. 😀

Rate this article!
Tags: