APA, SIH, SEBENARNYA YANG DIMAKSUD DENGAN BOIKOT?

Akhir-akhir ini, kita sering mendengar istilah ‘boikot’. Ajakan untuk memboikot suatu produk yang paling sering kita dengar di negara kita saat ini. Tetapi apa, sih, sebenarnya yang dimaksud dengan boikot? Seperti yang dikutip dari Wikipedia, boikot adalah tindakan untuk tidak menggunakan, membeli, atau berurusan dengan seseorang atau suatu organisasi sebgaai wujud protes atau sebagai suatu bentuk pemaksaan. Lalu, darimana istilah boikot itu muncul untuk pertama kali?

apa, sih, sebenarnya yang dimaksud dengan boikot?

Konon, sekitar 130 tahun lalu, ada seorang pengelola tanah di Inggris yang bernama Boycott. Pada suatu hari, para petani mendatanginya untuk memohon agar harga penggarapan lahan pertanian diturunkan. Tetapi, Tuan Boycott menolak permohonan para petani itu. Akibat penolakan Tuan Boycott itu, para petani kemudian membalasnya dengan penolakan juga. Mereka menolak menggarap lahan pertanian, Pada akhirnya, Tuan Boycott mengalah dan bertanggung jawab atas gerakan mogok yang dilakukan para petani. Tak hanya itu, Tuan Boycott juga mundur dari jabatannya sebagai pengelola tanah. Dari peristiwa inilah istilah boikot muncul. (bahasa Inggris : Boycott).

Contoh boikot yang paling umum adalah para buruh yang mogok bekerja karena upah yang kecil. Gerakan untuk tidak membeli atau menggunakan suatu produk yang diproduksi oleh perusahaan tertentu juga merupakan contoh boikot.

Di Korea juga terjadi aksi boikot. Salah satunya, yaitu ketika para atlet bisbol melakukan boikot terhadap pertadingan. Nah, lho! Yang mau bertanding malah protes ga mau bertanding. Tetapi, pertandingan akhirnya masih tetap diadakan setelah para atlet ini mengehntikan aksinya akibat desakan para penggemar. 😀

Aksi boikot yang dilakukan oleh para atlet bisbol, tidak hanya terjadi di Korea saja, tetapi pernah terjadi di Amerika juga. Tidak seperti yang terjadi di Korea, aksi boikot para atlet bisbol di Amerika itu menyebabkan pertandingan bisbol tidak diadakan dalam waktu yang lama.

Demikianlah secara singkat tentang apa, sih, sebenarnya yang dimaksud dengan boikot? Mudah-mudahan, penjelasan singkat ini dapat membantu dan memberikan manfaat. ^_^

Tags: