APA, SIH, SEBENARNYA YANG DIMAKSUD DENGAN ROYALTI?

Kita juga tentunya sering mendengar dengan istilah royalti. Bahkan, terkadang, dalam candaan pun kita sering menggunakan istilah tersebut. Tapi, sebenarnya, apa, sih, royalti itu? Yang dimaksud royalti adalah hak untuk mendapatkan sejumlah pembayaran dari penggunaan properti, seperti hak cipta, hak paten, dan sumber daya alam.

apa, sih, sebenarnya yang dimaksud dengan royalti?

Seseorang yang menghasilkan suatu karya baik berupa buku, musik, foto, dll, memiliki hak cipta. Hak cipta merupakan hak milik seseorang atas hasil ciptaannya. Apabila orang yang memiliki hak cipta menjual hasil karyanya, maka ia akan mendapatkan uang dari hasil penjualannya itu berdasarkan perbandingan yang ditetapkan dari total hasil penjualan hasil karyanya tersebut.

Contohnya, seorang pengarang buku. Sebelum buku hasil karyanya diterbitkan, maka ia akan menandatangani perjanjian pembagian royalti terlebih dahulu.  Misalnya saja, di dalam perjanjian tertera bahwa bukunya akan dijual seharga 80.000 dan pengarang tersebut akan mendapat royalti sebesar 10% dari setiap buku yang terjual.

Tetapi, jika buku yang terjual sebanyak 1.000 buah, royalti yang diterima pengarang tidak sebesar 10% dari total penjualan buku tersebut. Hal itu dikarenakan adanya pajak pendapatan yang harus dibayar oleh si pengarang. Tidak hanya pengarang, pedagang yang mendapatkan uang dari hasil penjualan juga harus membayar pajak pendapatan.

Ada perbedaan royalti pengarang buku dengan honor bintang film. Jumlah bayaran atau honor artis yang bermain dalam film atau sinetron adalah sesuai dengan yang tertera dalam kontrak atau perjanjian. Jumlah honor yang diterima si artis tidak ada hubungannya dengan jumlah banyak atau sedikitnya orang yang menonton film atau sinetron yang dibintangi oleh si artis.

Demikianlah secara singkat tentang apa, sih, sebenarnya yang dimaksud dengan royalti? Mudah-mudahan, penjelasan singkat ini dapat membantu dan memberikan manfaat. ^_^

Tags: