Apakah Burung Pelatuk Sering Sakit Kepala?

Pernah menonton film Woody Woodpecker? Woody woodpecker adalah karakter burung pelatuk lucu yang muncul di dalam film fiksi animasi. Salah satu kebiasaan Woody adalah mematuk-matuk batang pohon. Untuk soal Woody Woodpecker-nya kita bahas nanti, ya. 😀 Saat ini, kita bercerita sedikit tentang burung pelatuk. Mengapa dinamakan burung pelatuk? Yup, betul! Burung ini dinamakan burung pelatuk karena burung ini memiliki kebiasaan mematuki batang pohon dengan paruhnya. Mengapa burung ini mematuki kayu pohon? Dan, karena kebiasaannya yang mematuki kayu pohon itu, apakah burung pelatuk sering sakit kepala? Bukankah kepalanya sering terbentur batang pohon karenanya? Di bawah ini, secara singkat tentang alasan dan penjelasannya.

 

Apakah burung pelatuk sering sakit kepala?

Burung pelatuk memiliki kebiasaan mematuki batang pohon bukan karena mereka sedang galau. he..he..Tetapi, mereka mencari dan mengambil serangga yang ada di kulit kayu. Selain untuk mencari dan memakan serangga, mereka juga mematuki batang pohon untuk membuat lubang yang besar sebagai sarangnya. Jika burung lain mengeluarkan bunyi dengan berkicau, maka burung pelatuk melakukannya dengan mematuk batang pohon.

Seperti yang kita tahu, burung pelatuk suka melubangi batang dari sebuah pohon dengan paruhnya. Di dalam pengerjaannya itu, mereka menggunakan kepalanya sebagai pemukul dan paruhnya sebagai pemahat. Apakah burung pelatuk sering sakit kepala karena aktifitasnya itu? Tentu tidak! Mengapa? Karena, tulang lunak dan berongga yang ada di di antara paruh dan tengkorak kepala mereka menyerap efek benturan yang ditimbulkan.

Nah, sudah jelas kan? Jadi, meski kepala mereka sering terbentur ketika mematuki batang pohon, tetapi mereka tidak sering mengalami sakit kepala. ^_^

 

 

 

Tags: