Apakah Hewan Bisa Meriang? Bagaimana Hewan Menyembuhkan Lukanya?

Seperti kita tahu, hewan merupakan salah satu organisme, selain manusia dan tumbuhan. Ciri-ciri umum yang dimiliki ketiganya adalah sama, seperti memerlukan makanan, bernapas, bergerak, tumbuh, berkembang biak, peka terhadap rangsang, beradaptasi, dan mengeluarkan zat sisa. Tentu saja, manusia merupakan makhluk paling mulia karena memiliki akal sehat dibanding makhluk lainnya. Meski demikian, di dalam kehidupan, semua makhluk hidup mengalami saat mereka merasa kesehatannya terganggu. Termasuk hewan. Hewan juga bisa merasakan sakit , seperti manusia. Maka, terkadang, muncul pertanyaan di benak, apakah hewan bisa meriang? Bagaimana hewan menyembuhkan lukanya? Di bawah ini, sedikit penjelasan tentang hewan ketika mereka merasa meriang dan bagaimana cara mereka menyembuhkan luka?

Apakah hewan bisa meriang? Bagaimana hewan menyembuhkan lukanya?

Siapa bilang bahwa hewan tidak bisa meriang? Cuaca yang panas atau cuaca yang dingin dapat menyebabkan seekor hewan menjadi tak enak badan, misalnya meriang. Seekor hewan yang meriang karena cuaca panas akan mencari tempat yang teduh dan berudara segar. Layaknya manusia yang sedang sakit, maka hewan pun akan berbaring dan beristirahat di tempat itu. Biasanya, ia akan mengurangi makan dan memperbanyak minum. Hal ini akan dilakukannya sampai ia merasa kesehatannya pulih kembali.

Sementara, jika seekor hewan menggigil karena kedinginan, maka ia akan mencari tempat yang hangat atau sengaja berjemur di bawah sinar matahari untuk mencari kehangatan. Hal ini pun akan dilakukannya sampai sembuh.

Lalu, bagaimana cara hewan menyembuhkan lukanya? Tak berbeda dengan manusia, ketika hewan mendapati dirinya terluka, maka mereka juga memiliki cara untuk menyembuhkan luka-lukanya. Seperti, seekor simpanse. Jika seekor simpanse terluka, maka ia dengan sigap akan menutup bagian yang terluka tersebut dengan tangannya. Kemudian, ia akan menutup luka tersebut dengan dedaunan.

Semua binatang buas ketika sakit, biasanya mereka akan pindah ke tempat lain untuk menyendiri. Di tempat yang baru itu, binatang-binatang tersebut tidak hanya berusaha mengobati luka luarnya, tetapi juga mengobatinya dari dalam tubuhnya. Ketika merasa mual, seperti juga manusia, binatang juga akan muntah. Sebagian besar bintang tersebut akan memakan tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai obat pencegah diare.

Ketika perutnya terasa sakit, beruang buas akan memakan makanan ternak atau biji-bijian yang bisa melenturkan kulitnya. Sedangkan, pada binatang menyusui yang berkuku dan bertelapak kaki, mereka tidak membutuhkan dedaunan sebagai obat pencegah diare. Tetapi, binatang jenis ini membutuhkan obat penahan sakit perut berupa kulit pohon dan dahan-dahan kering dan terasa asam.

Demikianlah, sedikit penjelasan tentang apakah hewan bisa meriang? Bagaimana cara hewan menyembuhkan lukanya? Mudah-mudahan, penjelasan di atas dapat membantu dan memberikan manfaat. ^_^