Apakah Kuda Laut Benar-Benar Seekor Kuda Sungguhan?

Fakta Menarik Tentang Kuda Laut

Kuda laut. Hewan ini memiliki nama latin Cavallucio marino. Jika dilihat bentuk dari hewan ini dari leher hingga kepalanya yang panjang, memang mirip seperti seekor kuda. Iya, kuda yang sudah kita kenal. Kuda yang ada di daratan. 😀 Kuda laut berenang dengan tegak lurus seperti sekumpulan kuda yang sedang berjingkrak pada kaki belakang mereka.  Kalau demikian, apakah kuda laut benar-benar seekor kuda sungguhan?

Apakah kuda laut benar-benar seekor kuda sungguhan?

Kuda laut merupakan spesies kerabat dekat ikan pipa (pipe fish). Dari pernyataan itu, sudah jelas menerangkan bahwa kuda laut termasuk ikan, meski tidak mirip ikan pada umumnya. Jadi, kuda laut bukanlah seekor kuda. Karena, kuda yang dimaksud itu termasuk mamalia, sementara kuda laut termasuk ikan. 😀

Di masa dulu, masyarakat percaya bahwa kuda laut dapat tumbuh hingga sebesar kuda sungguhan. Tetapi, pada kenyataannya, kuda laut berukuran kecil dan tak bisa tumbuh menjadi sangat besar. Hal lainnya yang membedakannya dengan kuda sungguhan adalah kuda laut merupakan makhluk yang rapuh karena mereka sulit beradaptasi dengan perubahan yang ada di lingkungan mereka.

Bentuk tubuh kuda laut seperti kuda

Bentuk tubuh kuda laut memang mirip seperi kuda. Tubuh kuda laut melengkung seperti huruf ‘S’. Bentuk yang unik itu merupakan hasil dari proses evolusi yang membuat kuda laut mampu memburu mangsanya secara lebih efektif. Kuda laut menyerang mangsa mereka dari jarak yang lebih jauh, karena lekukan lehernya. Mereka berburu dengan cara mengisap mangsa melalui moncongnya. Dalam memburu mangsanya, kuda laut cenderung diam dan menunggu hingga mangsanya lewat di depannya. Saat mangsa muncul, kuda laut akan memutar kepalanya ke atas dan membuka mulutnya dan kemudian mengisap mangsanya.

Terdapat beberapa spesies kuda laut yang ditemukan di laut hangat di banyak bagian dunia. Panjang kuda laut biasanya 20-30 cm. Kuda laut hidup di antara rumput laut. Mereka berpegangan pada tumbuhan itu dengan ekornya. Karena warnanya mirip dengan rumput laut, kuda laut pun dapat beradaptasi dengan baik.

Kuda laut berenang dengan posisi berdiri, dengan kepala berada di atas dan bergerak-gerak seperti mengangguk. Gerakannya yang naik turun di dalam air dipengaruhi oleh sistem khusus yang mengubah isi kantung udara i tubuhnya hingga tekanannya berubah.

Kuda laut bergerak dalam air dengan cara mengubah isi udara dalam kantung renangnya. Jika kantung renang ini rusak dan kehilangan sedikit udara, kuda laut tenggelam ke dasar laut. Kantung udara itu adalah sistem dinamik yang dapat menjaga kemampuan pergerakan kuda laut. Keseimbangan yang sempurna ini menunjukkan keunikan dan kecermatan kuda laut dalam mempertahankan hidup.

Tags: