Apakah Mesopotamia Itu?

Terdapat beragam bangsa kuno di dunia. Banyak di antaranya telah memiliki peradaban yang sangat tinggi. Terbukti dengan ditemukannya peninggalan-peninggalan kemajuan peradabannya yang dapat kita lihat sampai kini. Kita juga (mungkin) sering kali mendengar tentang Mesopotamia. Tetapi, sebenarnya, apakah Mesopotamia itu? Berikut di bawah ini penjelasan singkat tentang Mesopotamia.

apakah mesopotamia itu?

gambar diambil dari www.pixabay.com

Apakah Mesopotamia itu?

Mesopotamia berasal dari kata bahasa Yunani yang berarti ‘di antara sungai’. Daerah ini memang terletak di antara dua sungai, yaitu Sungai Tigris dan Efrat.

Tigris dan Efrat adalah dua nama sungai yang mengalir di daerah yang sekarang sebagian besar dikenal sebagai Irak. Kedua sungai itu dipisahkan oleh jarak sekitar 400 km. Daerah di antara Sungai Tigris dan Efrat ini merupakan daerah Mesopotamia.

Mesopotamia disebut sebagai ‘tempat lahirnya peradaban’ karena banyak peradaban kuno yang lahir di sini, seperti Sumeria, Babilonia, dan Asiria.┬áBabilonia merupakan kerajaan yang terdapat di Mesopotamia. Sumeria adalah sebutan bagi orang-orang Babilonia.

Peradaban Sumeria merupakan peradaban besar pertama karena di sana telah banyak ditemukan bukti-bukti bangsa kuno dengan peradaban yang sangat maju.

Sekitar tahun 5.000 SM, orang-orang Sumeria telah memanfaatkan Sungai Efrat untuk mengairi ladang dan tinggal di rumah yang terbuat dari lumpur keras. Orang-orang Sumeria pun telah menemukan sistem penulisan pertama dengan mengguratkan kayu tajam di lembaran tanah liat (tulisan paku).

Cuneiform merupakan cara pencatatan dokumen penting bangsa Sumeria di atas tanah liat. Teknik ini telah diciptakan oelh bangsa Sumeria lebih dari 4.000 tahun yang lalu. Koleksi cuneiform di Mesopotamia ini diketahui sebagai perpustakaan pertama di dunia.

Pada tahun 4.000 SM, perkampungan Eridu, Uruk, dan Ur telah berkembang menjadi perkotaan yang memiliki persediaan air beserta sistem pembuangannya. Juga, ditemukan istana juga kuil-kuil yang disebut zigurat. Zigurat merupakan kuil keagamaan dari bata (yang terbuat dari lumpur). Dibangun oleh bangsa Mesopotamia untuk menyembah Dewa Bulan, Nanna. Zigurat dibangun di kota Ur dan memiliki ketinggian 21 meter.

Pada masa itu, orang-orang Sumeria telah membuat benda yang indah dari tembaga. Sekitar 3.500 SM, mereka mulai membuat benda-benda indah dari perunggu.

Tidak ada yang tahu dengan pasti kapan roda ditemukan. Kemungkinannya, roda dikembangkan dari alat pembuat keramik. Tetapi, sekitar 3.200 SM, gerobak telah digunakan di Sumeria.

Pada waktu itu, orang Sumeria pun telah mengenal sistem pemerintahan dan undang-undang. Pada awalnya, tiap kota dipimpin oleh dewan penatua. Tetapi, ketika perang, seorang lugal (pemimpin) mengambil alih kekuasaan. Sekitar 2.900 SM, lugal adalah raja yang berkuasa dalam jangka waktu yang lama.

Sekitar 2.350 SM, Sumeria diserbu oleh Raja Sargon dari Akkad. Tetapi, pada tahun 2.150 SM, Sumeria kembali menguasai kota Ur.

Demikianlah secara singkat penjelasan tentang Mesopotamia. Mudah-mudahan, penjelasan singkat ini dapat membantu dan memberikan manfaat. ^_^

 

 

 

 

 

 

 

Rate this article!
Apakah Mesopotamia Itu?,5 / 5 ( 1votes )
Tags: