Apakah Semakin Banyak Artikel Semakin Banyak Pengunjung di Sebuah Blog?

Sebuah pertanyaan klasik nan abadi, dengan maksud mengundang perdebatan abadi adalah “apakah semakin banyak artikel semakin banyak pengunjung pada sebuah blog?”

Banyak yang tidak yakin. Banyak yang akhirnya memilih memfokuskan diri pada melakukan teknik Search Engine Optimization agar pengunjung bisa digiring ke blog.

Pertanyaan sama terkadang masih hadir di kepala saya sendiri, benar atau tidak? Kalau hanya sekedar membaca berbagai ulasan, maka jawabannya tetap akan 50-50. Lha ya semua blogger punya teori masing-masing.

Nah, walau belum terbukti seratus persen. silakan lihat dua screenshot di bawah.

Screenshot apa itu?

Itu adalah screenshot dari blog Pojok Menulis di Google Analytis dan Google Search Console. Dua tool ini disediakan oleh Google agar para webmaster bisa terus memantau perkembangan blognya.

Google Analytis akan memantau total keseluruhan aktifitas pada sebuah website. Sementara Google Search Console mendata mereka yang masuk ke blog dari mesin pencari Google saja.

Data ini menunjukkan adanya grafik menanjak sejak dihidupkan kembali dan kemudian dibanjiri dengan artikel (sering sampai 10 artikel perhari) selama hampir dua minggu terakhir (sebelum saat tulisan ini dibuat).

Sebelum dihidupkan kembali ada 108 artikel dengan rata-rata pengunjung 50 orang perhari. Setelah setiap hari ditimbuni dengan 5-10 artikel dari tangan dua orang hingga jumlah artikel menjadi 247 hingga kemarin, rata-rata pengunjung berada di atas 130 orang perhari.

Padahal artikel-artikel ini tidak memanfaatkan teknik SEO dan juga blog ini adalah blog gado-gado yang tidak terfokus pada satu topik saja. Sesuatu yang banyak dianggap tidak akan mendatangkan pengunjung. Tetapi, data menunjukkan sebaliknya.

Memang masih terlalu pendek jangka waktu untuk menentukan validitas data. Butuh setidaknya 3-6 bulan untuk bisa mendapatkan data yang lebih valid lagi dan artikel yang lebih banyak.

Tetapi, sebagai hasil sementara, saya menyimpulkan YA, benar “semakin banyak jumlah artikel semakin banyak jumlah pengunjung” bahkan tanpa SEO sekalipun.

Tags: