Arti Idiom BITE YOUR TONGUE

Arti idiom BITE YOUR TONGUE adalah

  1. Menahan diri untuk “tidak” mengatakan sesuatu
  2. Menahan diri untuk “tidak” mengatakan yang ingin diutarakan

Secara harfiah dalam bahasa Indonesia idiom BITE YOUR TONGUE adalah “menggigit lidahmu”. Lidah adalah organ untuk berbicara.

Kata “YOUR” dalam idiom ini bisa diganti dengan possesive pronoun (kata ganti kepunyaaan) seperti his, her, my, your, their, our dan sejenisnya.

Contoh kalimat :

John had to bite his tongue to keep him from telling Jack the truth that the guy who dated Jane, Jack’s girlfriend was him.

John harus “menggigit lidahnya” untuk menahan dirinya bercerita kepada Jack kebenaran tentang cowok yang mengencani Jane, pacar Jack, adalah dirinya.

Contoh lain :

Jack seemed biting his tongue that nothing came out from his mouth even after he heard about the affair Jane, his girlfriend and John, his best friend, had. He was too angry to know the truth.

Jack sepertinya “menahan diri” hingga tidak ada apapun yang keluar dari mulutnya, bahkan setelah ia mendengar tentang affair yang dilakukan Jane, pacarnya, dan John, sobatnya. Ia terlalu marah mendengar hal tersebut.

Idiom BITE YOUR TONGUE dimulai dengan kata kerja BITE, jadi perubahan tense akan mempengaruhi bentuknya dan kata kerjanya harus disesuaikan dengan tense.

(Baca juga : Arti Idiom NO SPRING CHICKEN)

Rate this article!
Tags: