Arti Idiom GENTLEMAN’S AGREEMENT atau GENTLEMEN’S AGREEMENT

arti idiom gentleman's agreement atau gentlemen's agreement

Arti idiom GENTLEMAN’S AGREEMENT atau GENTLEMEN’S AGREEMENT adalah sebuah perjanjian, biasanya tidak tertulis, yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang berlandaskan pada kepercayaan masing-masing pembuat perjanjian.

Biasanya dalam berupa janji atau persetujuan secara verbal/lisan dan dilanjutkan dengan jabat tangan antara yang membuat perjanjian.

Para pembuat perjanjian dalam hal ini sepenuhnya percaya kepada pihak lain sehingga tidak merasa tidak membutuhkannya dibuat secara hitam putih.

Idiom ini berasal dari kata “Gentleman” yang merupakan perwujudan dari orang yang dapat dipercaya dan bertingkah laku sesuai adab dan sopan santun.

Contoh kalimat :

It was a gentleman’s agreement. Even though, there was no contract among us but I must fulfil it. otherwise, I will lose their trust and it will be a disaster for me.

Hal itu adalah perjanjian antar gentleman. Meskipun tidak ada kontrak di antara kita tetapi saya harus memenuhinya, kalau tidak, saya akan kehilangan kepercayaan mereka dan itu akan menjadi bencana untuk saya.

(Baca juga : Arti Idiom ROCK THE BOAT)

Tags: