Arti Peribahasa MAKSUD HATI MEMELUK GUNUNG, APA DAYA TANGAN TAK SAMPAI

arti peribahasa maksud hati memeluk gunung, apadaya tangan tak sampai

 

Arti peribahasa MAKSUD HATI MEMELUK GUNUNG, APA DAYA TANGAN TAK SAMPAI, adalah menghendaki sesuatu/memiliki cita-cita yang tidak mungkin/mustahil untuk dicapai.

*) Gunung merupakan benda yang besar. Seandainya kita ingin menarik tali sekeliling gunung itu, sangatlah panjang tali yang diperlukan. Apalagi jika kita ingin memeluk dengan kedua tangan kita. Suatu hal yang mustahil/sulit dicapai, bukan?

Contoh dalam kalimat :

  • Bagi Ani, keinginannya untuk menjadi seorang pramugari hanyalah sebuah angan-angan belaka. Ibarat maksud hati memeluk gunung, apa daya tangan tak sampai. Karena ia pun menyadari tinggi badannya yang hanya 155 cm tak memungkinkannya menjadi seorang pramugari.
  • Karena sakit-sakitan, saya menghapus keinginan untuk menjadi anggota TNI. Bukankah untuk menjadi seorang TNI itu harus memiliki fisik yang kuat? Saya sangat sedih tetapi saya menyadari. Ibarat maksud hati memeluk gunung, apa daya tangan tak sampai.

Demikianlah secara singkat tentang arti peribahasa MAKSUD HATI MEMELUK GUNUNG, APADAYA TANGAN TAK SAMPAI. Mudah-mudahan, penjelasan singkat ini dapat membantu dan memberikan manfaat. ^_^

Tags: