Fakta Hewan : Asal-Usul Nama Kangguru

Pasti tak asing lagi dengan hewan satu ini. Hewan yang memiliki kantung di depan perutnya dan melompat-lompat. Yup, kangguru. Hewan ini memiliki kaki belakang yang panjang dan kuat. Konon, dengan kakinya itu, kangguru bisa mencapai kecepatan hingga 70 km/jam. Tetapi, darimanakah nama kangguru berasal? Di bawah ini sekilas tentang asal-usul nama kangguru.

fakta hewan : asal-usul nama kangguru

gambar diambil dari www.pixabay.com

Fakta hewan : Asal-usul nama kangguru

Kangguru merupakan hewan khas Australia yang memiliki semacam kantung di bagian perutnya. Semula, hewan ini tak memiliki nama. Sampai kemudian, ketika para turis Eropa berdatangan ke Australia, mereka melihat hewan aneh itu. Lalu, mereka bertanya nama hewan tersebut kepada penduduk setempat. Para penduduk setempat menjawab, “kangaroo”, yang berarti “Tidak tahu”. Para turis Eropa menyangka itulah nama hewan tersebut. Sejak itulah mereka menyebut hewan itu ‘kangguru’. Hingga saat ini, kita menyebut hewan itu dengan sebutan kangguru. 😀

Oiya, selain berkantung, kangguru juga memiliki kaki belakang yang cukup besar untuk membantunya tetap seimbang ketika sedang berdiri untuk waktu yang lama. Dengan menggunakan kaki serta ekornya, kangguru bisa melompat setinggi 10 kaki (sekitar 3 meter).

Sewaktu akan menyeberangi sungai yang lebar, misalnya, seekor kangguru bisa melompati sungai itu hanya dengan satu kali lompatan. Bahkan, jika ia melompat sekuat yang ia bisa, kangguru bisa melompat sejauh 40 kaki dalam satu lompatan. Bayangkan!. 😀 Untuk menambah kecepatan, biasanya, kangguru tidak melompat lebih cepat, tetapi, menggunakan lompatan-lompatan yang lebih panjang.

Yup, itulah sedikit tentang asal-usul nama kangguru juga beberapa fakta menarik lainnya. Masih banyak hal-hal tentang hewan lain yang juga tak kalah menariknya. ^_^

Rate this article!
Tags: