Atraksi Sabung Ayam di Pulau Lembong Nusa Penida Bali

Ada satu atraksi yang menarik lagi jika berkunjung ke Bali. Kalau menurut penjelasan dari tour guidenya ini merupakan sebuah tradisi dari masyarakat Bali, yaitu atraksi sabung ayam.

Yah. adu ayam.

Tradisi ini merupakan sebuah hal yang umum dilakukan dalam masyarakat Bali. Dimana dua ayam akan berkelahi dan penonton mengelilinginya sambil bertaruh.

Atraksi sabung ayam dalam artian wisata memang dipertontonkan kepada para wisatawan untuk menunjukkan salah satu bagian dari tradisi di kalangan masyarakat Bali. Para wisatawan akan diajak untuk memilih ayam jagoannya dan ikut bertaruh.

Tetapi, dalam atraksi ini sabung ayam tidak dilakukan secara full. Tour guidenya akan menjelaskan saja bahwa dalam sabung ayam yang normal, ada senjata yang dipasangkan pada kaki ayam aduan dan pertarungan akan berakhir saat salah satunya mati atau keok.

Para ayam dalam atraksi sabung ayam tidak diperlengkapi dengan senjata dan hanya dibuatkan tiga ronde singkat sekedar untuk menjelaskan bagaimana prosedur sabung ayam dan cara bertaruh di Bali. Lebih pada pembelajaran tentang tradisi dan budaya.

Atraksi sabung ayam yang saya saksikan ada di Pulau Lembong, Nusa Penida Bali. Memerlukan waktu sekitar 1 jam perjalanan dengan kapal.

Menarik, tetapi harus tetap dipandang dengan kebijaksanaan. Ini hanyalah sebuah atraksi untuk memperkenalkan budaya saja.

Tags: