Bagaimana Cara Ikan Berenang Dan Berbelok?

Mengamati ikan berenang dan meliuk-liuk berbelok-belok di dalam air sangatlah menyenangkan sekaligus mengesankan. Mengamati aktifitas ikan di dalam air, terutama ikan hias yang meliuk-liuk menggemaskan di dalam akuarium, menimbulkan rasa kesenangan tersendiri. Sehingga banyak orang menjadikan memelihara ikan hias sebagai sebuah hobi. Bahkan, tak sedikit terapi pengobatan yang menyarankan agar sering mengamati ikan berenang dan segala aktifitasnya untuk menghilangkan/mengurangi stres. Seperti kita tahu, ikan-ikan berenang dan bisa bertahan lama di dalam air karena mereka memiliki alat pernapasan yang disebut insang. Tetapi, bagaimana cara ikan berenang dan berbelok? Apakah seperti manusia?..he..he..Tentu saja, tidak! 😀 Lantas, bagaimana? Di bawah ini sekilas mengenai bagaimana cara ikan berenang dan berbelok.

Bagaimana cara ikan berenang dan berbelok?

Ikan memiliki gelembung renang (swim bladder), yaitu organ berisi gas yang dapat menjaga ikan tetap mengapung di air. Ketika ikan-ikan berenang, mereka melengkungkan tubuh dan menggerak-gerakkan ekor mereka dari satu sisi ke sisi yang lain. Tubuh dan ekor ikan bergerak mendorong dan melawan air sehingga mereka bergerak maju. Selain itu, sirip dada, sirip punggung, dan sirip perut berfungsi membatu mengarahkan gerakan dan juga membantu saat berhenti.

Ikan berbelok dengan ekornya. Meski leher ikan nampak seperti tegak lurus dan kaku, tetapi ikan dapat bergerak ke segala arah, seperti berbelok, lurus, bahkan berputar. Itu semua dikarenakan ekornya.

Terkadang, kita sering terpesona melihat ekor ikan yang bergerak indah gemulai bak selendang di tangan seorang penari. Gerakan gemulai memesona itu bukanlah sengaja untuk memamerkan keindahan semata, ternyata, ekor ikan itu sedang memberikan pengarahan. 😀 Karena, ekor ikan adalah pengendali arah gerakan ikan.

Sementara, sirip pada ikan berfungsi untuk memberi dorongan saat berenang. Ada beberapa jenis ikan yang tidak memiliki sirip, atau siripnya sangatlah kecil. Dalam hal ini, tugas sirip akan digantikan oleh ekor sebagai pemberi dorongan pada ikan untuk melaju atau berenang.

Demikian, sekilas fakta menarik mengenai ikan. Masih banyak hal tentang ikan yang tak kalah menariknya. ^_^

 

Tags: