Bagaimana Cara Jerapah Memakan Tumbuhan Rendah Dan Membersihkan Kupingnya?

Jerapah sudah kita kenal sebagai hewan yang bertubuh tinggi karena dapat tumbuh hingga 5,5 meter. Bagian tubuh jerapah yang membuatnya tinggi adalah lehernya yang panjang, yang bisa mencapai 2 meter. Tetapi, meski sangat panjang, leher jerapah hanya memiliki tujuh tulang leher sama seperti yang dimiliki manusia. Karena tulang lehernya terbatas, jerapah tidak bisa menggerakkan kepala atau lehernya dengan leluasa. Jerapah juga merupakan hewan yang biasa memakan dedaunan hijau baik yang berada di tempat yang tinggi maupun tempat yang rendah. Hewan herbivora ini biasa memakan tanaman berduri, pohon akasia, serta aprikot liar, dan juga rumput. Lantas, dengan kondisi demikian, bagaimana cara jerapah memakan tumbuhan rendah dan membersihkan kupingnya?

Bagaimana cara jerapah memakan tumbuhan rendah dan membersihkan kupingnya?

Jerapah yang termasuk hewan tertua dalam sejarah dunia satwa memakan dedaunan hijau sekitar 50 kg setiap harinya. Lehernya yang panjang biasa digunakan jerapah untuk memakan pucuk tetumbuhan yang tinggi. Lalu, bagaimana cara jerapah memakan tumbuhan rendah atau tumbuhan yang tumbuh di tempat rendah, semisal rumput? Hal itu tidaklah sulit bagi jerapah. Karena, meski panjang, leher jerapah juga termasuk lentur. Sehingga, selain dapat digunakan untuk menjangkau tempat yang tinggi, jerapah juga bisa menekuk lehernya. Dengan cara demikian, jerapah juga bisa menjangkau makanan yang ada di tempat-tempat rendah.

Seperti yang kita tahu, jerapah memiliki leher yang sangat panjang. Tetapi, meski leher jerapah tergolong lentur, jerapah tak bisa menggerakkan kepala atau lehernya dengan leluasa. Lalu, bagaimana jerapah membersihkan kupingnya? Uniknya, jerapah membersihkan kuping dengan lidahnya! Selain memiliki leher yang panjang, ternyata, jerapah juga memiliki lidah yang sangat panjang, sekitar 60cm. Lidah yang panjang itu dipakai untuk menjangkau sekeliling, termasuk menyentuh telinganya. Dengan lidah itu jugalah, jerapah membersihkan telinganya saat kotor.

Itulah sekilas tentang penjelasan salah satu fakta menarik jerapah, yaitu bagaimana cara jerapah memakan tumbuhan rendah dan membersihkan kupingnya? Masih banyak hal tentang jerapah yang tak kalah menarik lainnya. ^_^

Tags: