Bagaimana Warna Sayap Kupu-Kupu Terbentuk?

Serangga satu ini terkenal dengan warnanya yang beraneka warna dan sangat cantik. Siapa sih yang tidak suka menatapnya? Terbang dan hinggap dari bunga yang satu ke bunga yang lain. Berayun-ayun di tangkai-tangkai pohon. Sayapnya berwarna-warni indah cemerlang, sungguh memesona. ๐Ÿ˜€ Bisa menebak serangga apa yang dimaksud? Yup, kupu-kupu! ๐Ÿ˜€ Kupu-kupu memang terkenal memiliki sayap dengan warna yang indah dan bercorak lucu-lucu. Tetapi, apakah ada yang tahu bagaimana warna sayap kupu-kupu terbentuk? Di bawah ini sedikit penjelasan mengenainya. ๐Ÿ™‚

bagaimana warna sayap kupu-kupu terbentuk?

gambar diambil dari www.pixabay.com

Bagaimana warna sayap kupu-kupu terbentuk?

Sudah kita ketahui, yang paling menarik dari kupu-kupu adalah sayapnya yang berwarna-warni. Tetapi, bagaimana warna sayap kupu-kupu terbentuk? Warna-warni sayap kupu-kupu terlihat terang seperti pelangi. Tetapi, tahukah? Sebenarnya, sayap kupu-kupu itu terdiri dari lapisan-lapisan tipis yang transparan. Masing-masing lapisan memiliki tingkat kecerahan warna yang berbeda-beda. Karena perbedaan kecerahan di setiap lapisan tipis itulah yang membuat sayap kupu-kupu jadi terlihat berwarna-warni.

Lapisan-lapisan tipis pada sayap kupu-kupu merupakan lapisan yang kedap air. Hal itu yang membuat kupu-kupu dimasukkan ke dalam ordo Lepidoptera. Kata lepidoptera sendiri berarti sayap yang terlindungi lapisan kedap air.ย Masing-masing lapisan kedap air tersebut dipenuhi oleh warna dan memberikan pola karakteristik pada kupu-kupu. Lapisan-lapisan berwarna yang kedap air itulah yang membentuk warna dan corak pada kupu-kupu.

Fungsi bentuk lingkaran pada sayap kupu-kupu

Kita sering melihat bentuk/titik lingkaran seperti mata yang terdapat pada sayap kupu-kupu. Keberadaan titik/bentuk yang seperti mata itu memiliki fungsi untuk mengecoh para pemangsa. Para pemangsa akan menyangka kupu-kupu adalah hewan besar sehingga tidak berani mengusik mereka.

Bila kupu-kupu diserang oleh burung, titik/bentuk seperti mata pada sayap kupu-kupu akan lebih menarik bagi burung pemangsa itu daripada kepala dan tubuh kupu-kupu. Hal itu dapat menyelamatkan hidup kupu-kupu jika burung menyerang bagian itu terlebih dahulu. Sehingga, kupu-kupu yang diserang hanya mengalami robek pada bagian sayap.

Itulah sedikit penjelasan tentang salah satu fakta menarik tentang bagaimana warna sayap kupu-kupu terbentuk? Mudah-mudahan dapat membantu dan memberikan manfaat. Masih banyak hal tentang kupu-kupu dan binatang lainnya yang tak kalah menariknya. ^_^

Tags: