Bangkit Dari Keterpurukan

bangkit dari keterpurukan

Setiap orang pasti pernah terpuruk dan tertimpa kemalangan. Semua manusia, tidak terkecuali. Tidak ada manusia yang tidak pernah berada dalam situasi demikian.

Yang membedakan adalah bagaimana menyikapi keterpurukan itu.  Ada yang suka mengasihani diri dan memilih tenggelam dalam keterpurukannya. Ada yang memaki-maki dan mencari kambing hitam atas semua kemalangannya. Ada ribuan macam cara dan tidak bisa disebutkan satu persatu.

Tetapi, mereka-mereka yang “sukses” biasanya memilih satu jalan saja di saat mereka terpuruk, terjatuh, dan tertimpa kemalangan. Mereka “menerima” kenyataan dan kemudian bangkit lagi untuk berjalan.

Begitulah mereka menyikapi keterpurukan.

Itulah yang saya coba tiru.

Beberapa waktu yang lalu, blog Pojok Menulis terkena “hack” Hasilnya, ribuan link terarah ke situs-situs yang entah apa isinya. Blog itu tidak lagi bisa ditemukan oleh mesin pencari Google.

Efeknya, penurunan pengunjung yang sangat drastis karena blog PM benar-benar mengandalkan pada mesin pencari Google untuk mendatangkan pengunjung.

Lebih dari 1000 orang pengunjung perhari hilang begitu saja. Hasil kerja keras lebih dari 2 tahun lenyap begitu saja. Tidak ada sisanya.

Terpuruk saya karena tangan tak bertanggungjawab itu.

Sedih.

Ya pastilah.

Tetapi, saya memutuskan untuk tetap membangkitkan kembali Pojok Menulis. Caranya dengan mengganti URL-nya dari http://pojokmenulis.lovelybogor.com menjadi http://pojok.lovelybogor.com.

Semua tulisan yang tersisa langsung dipindahkan ke blog baru itu, termasuk ribuan broken link yang dihasilkan karena hilangnya domain yang lama.

Butuh banyak waktu untuk memindahkan semua data tersebut. Butuh lebih banyak lagi untuk menghilangkan satu persatu broken link yang diakibatkan. Masih akan butuh waktu lebih banyak lagi untuk memasukkan foto satu persatu ke dalam setiap artikel.

Akan butuh waktu.

Hanya, itulah cara saya bangkit dari keterpurukan akibat ulah si hacker.

Tidak enak.

Tidak nyaman.

Repot.

Sayangnya harus dilakukan. Kalau tidak dilakukan, maka saya akan tetap terpuruk dan tidak bangkit-bangkit.

Ternyata setelah berjalan hampir dua bulan, perkembangan blog ini sangat baik dan mirip seperti sebelum kena hack. Pengunjung perlahan tetapi pasti kembali.

Belum normal, tetapi terlihat jelas akan kembali sedikit demi sedikit.

Setidaknya blog ini sudah bangkit kembali. Itu yang penting. Blog ini tidak lagi terpuruk dan sudah siap berjalan kembali.

Sebagai penanda bahwa blog Pojok Menulis akan berjalan dan beroperasi kembali, tulisan ini dibuat.

Rate this article!
Bangkit Dari Keterpurukan,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: