Belajar Bahasa Inggris secara otodidak

Banyak sekali query pada google yang menanyakan bagaimana cara belajar bahasa Inggris secara otodidak. Sebuah hal yang menggembirakan karena hal tersebut menunjukkan keinginan banya orang untuk menguasai bahasa internasional yang satu ini. Hanya cukup membingungkan karena sebenarnya tidak pernah ada yang khusus untuk menguasainya.

Mengapa ? Belajar tentang apapun, baik itu tentang bahasa, pemrograman komputer bahkan memasak sekalipun bisa dilakukan sendiri. Yang terpenting dalam proses belajarnya ada dua hal yaitu sabar dan konsisten. Bila ingin belajar bahasa Inggris secara otodidak, maka kedua sikap ini harus dimiliki oleh yang belajar.

Permasalahan utamanya adalah sikap ketidaksabaran dari yang belajar. Rasa ingin cepat bisa adalah musuh utamanya. Sering orang yang mencoba langsung melangkahi pelajaran-pelajaran yang sederhana dan meloncat langsung ke pelajaran yang sulit. Akibatnya ketika ada sebuah hambatan atau kesulitan, rasa putus asanya langsung timbul. Inilah yang paling menghambat dalam proses belajar apapun secara otodidak.

Nah, saya akan coba berbagi tips tentang bagaimana belajar bahasa Inggris secara otodidak. Hal ini dirangkum dari pengalaman sendiri. Saya menguasai bahasa Inggris bukan dari berbagai kursus dan memang kemampuan tersebut didapatkan dari belajar sendiri.

Tips belajar bahasa Inggris secara otodidak

 

1. Sabar

Belajar merupakan sebuah proses dan membutuhkan waktu. Terutama bila anda ingin memilik skill berbahasa, baik itu bahasa Inggris atau bahasa lainnya. Jangan terburu-buru karena bila anda bersikap demikian, besar kemungkinan akan banyak pengetahuan yang terlewat.

2. Konsisten

Jangan pernah berhenti bahkan seharipun. Pergunakan semua waktu luang yang anda miliki untuk belajar. Hal tersebut bisa dilakukan secara sederhana seperti menghapal kosa kata/vocabulary setiap hari. Sebagai contoh 5 kata perhari bukanlah hal yang sulit untuk dihapal.

Kalau anda bisa menghapal 5 kata perhari, setahun anda akan memiliki kosa kata 1,825 kata. Jumlah yang sangat besar dan akan membantu anda.

Bisa pula anda menghapal 1 pola kalimat seminggu atau dua minggu sekali. Konsistensi mutlak diperlukan untuk belajar bahasa Inggris secara otodidak.

3. Mulai dari yang mudah

Jangan pernah malu untuk memulai dari hal yang paling dasar. Sering sekali seorang pelajar melewati pelajaran tentang “it” atau “this/that”. Keduanya terlihat sangat mudah sehingga tidak perlu dipelajari ulang dan bisa dilompati.

Sikap yang salah besar! Justru kedua hal ini dasar yang akan membantu anda berkembang di pelajaran lainnya. Pelajari hal-hal sederhana ini dengan seksama hingga anda paham betul cara memakainya.

4. Jangan terpaku pada istilah

Pronoun, adjective, subjunctive dan sejenisnya adalah istilah. Tidak perlu diingat terlalu berlebihan. Anda bukan akan menghadapi ujian mata kuliah morfologi. Anda sedang belajar berbahasa Inggris. Tidak pernah akan ada yang bertanya tentang istilah ketika anda menulis atau berbicara bahasa Inggris.

Anda hanya perlu tahu padanan istilah tersebut dalam bahasa Indonesia. Hal itu akan membantu untuk mengingat, seperti adjective = kata sifat dan seterusnya. Tidak perlu terlalu terfokus pada istilah.

5. Pergunakan kalimat sederhana dan pendek

Baik dalam berlatih menulis atau berbicara, salah satu ciri khas orang Indonesia adalah memakai kalimat panjang. Itu kebiasaan cara berbicara atau menulis orang Indonesia. Hasilnya anda terjebak pada kebingungan dengan tata bahasanya. Ruwet sendiri.

Apalagi anda sedang belajar bahasa Inggris secara otodidak, maka tidak akan ada guru yang mengingatkan. Kalau anda salah memakainya tetapi merasa sudah benar, anda akan terus terbiasa memakai hal yang salah.

Pergunakan pola sederhana saja Subyek-Predikat/Verb-Object-Keterangan. Batasi kalimat yang anda pakai paling banyak 10-12 kata saja. Semakin pendek semakin baik dalam belajar.

6. Jangan pergunakan kata sulit

Anda bukan sedang membuat karya tulis. Kecuali anda ingin kelihatan seperti “orang penting/keren” dengan memakai istilah yang sulit, pergunakan istilah sederhana. Semakin sederhana semakin baik.

7. Ulangi, ulangi, ulangi

Jangan pernah hanya belajar satu topik satu kali. Anda akan cenderung lupa dengan cepat begitu pelajaran lain masuk ke otak anda. Ulangi, ulangi, ulangi! Pelajari pola kalimat berulangkali hingga anda tidak akan lupa.

Ini adalah inti lain dari belajar bahasa Inggris secara otodidak karena tidak akan ada ujian di akhir masa belajar. Jadi anda harus terus dan terus mengulang apa yang sudah anda pelajari agar tidak terlupa.

8. Jangan takut melakukan kesalahan

Anda akan berbuat ribuan kesalahan selama belajar. Jangan berhenti. Berbuat kesalahan adalah sifat alami manusia. Hanya setelah membuat kesalahan, perbaiki kesalahan tersebut dan pelajari hingga anda paham betul.

9. Baca sebanyak mungkin buku berbahasa Inggris

Dengan membaca anda akan membiasakan diri anda dengan lingkungan berbahasa Inggris. Mulai dari cerita-cerita anak kecil. Mudah sekali menemukannya di internet atau di toko buku. Jangan malu untuk membaca cerita mengenai Cinderella dalam bahasa Inggris. Itu langkah awal yang bagus untuk memulai.

Bila anda sudah selesai dengan satu buku, ulangi membaca buku tersebut dari awal. Perhatikan apakah anda menangkap hal yang sama dibandingkan dengan pertama kali anda membaca. Kemampuan anda membaca kalimat bahasa Inggris akan meningkat

10. Pergunakan kamus

Baik online atau kamus cetak akan membantu anda mencari arti kata selama anda melakukan poin ke 9 tadi. Database kosa kata anda akan perlahan tapi pasti bertambah. Pasti anda akan lupa sebagian tapi bukan masalah, anda bisa memanfaatkan kamus untuk mencarinya lagi.

Lakukan proses ini berulangkali

11. Jangan malu bertanya

Bila anda tidak mengerti sebuah hal dan tidak bisa mendapat penjelasan yang memuaskan, bertanyalah ! Bertanya kepada siapa? Di internet banyak sekali orang yang dengan senang hati akan membagikan informasi atau menjawab pertanyaan anda. Di blog inipun ada forum belajar bahasa Inggris bila anda ingin bertanya dan saya akan dengan senang hati menjawab,

Bertanya tetapi jangan terus menerus bertanya. Anda harus tetap sesuai pola di atas, melatih diri anda sendiri. Itulah makna belajar bahasa Inggris secara otodidak yang berarti do it yourself atau lakukan sendiri. Kalau anda terlalu sering bertanya, anda bergantung pada orang lain. Itu sebuah hal yang tidak membantu.

Bertanyalah hanya jika perlu!

12 Pergunakan alat di sekitar anda untuk melatih diri anda

Televisi, radio, VCD player, MP3 bisa membantu anda melatih pendengaran. Komputer dengan MS Word memiliki sarana untuk mengecheck grammar dan spelling.

Pergunakan semua itu untuk berlatih!

Itulah sekedar tips dari saya untuk belajar bahasa Inggris secara otodidak

Semoga bermanfaat.

 

Bogor, 7 Juni 2015

 

Tags: