Belimbing Wuluh : Manfaat Dan Khasiatnya

Belimbing Wuluh atau belimbing sayur memiliki nama latin Averrhoa belimbi. Tumbuhan berdaun majemuk dengan tinggi pohon berkisar antara 5 hingga 12 meter ini termasuk suku atau famili Oxalidaceae.

Daunnya bersirip ganjil, bunganya berwarna ungu kemerah-merahan, dengan kelopak berbulu dan jumlah bennag sari sekitar 10 helai. Buahnya berbentuk bulat panjang berukuran 5-7 cm dan berair. Yang masih mentah warnanya hijau, tapi bila sudah masak warnanya hijau kekuningan. Buah dan bunganya menempel berkelompok pada batang. Rasanya sangatlah masam, begitu pula daunnya.

Nama daerah untuk belimbing wuluh, di antaranya :

  1. Limeng, Salimeng, Thlimeng ( Nanggroe Aceh Darussalam)
  2. Asam, Belimbing (Batak)
  3. Belimbieng (Minangkabau)
  4. Balimbing, Calincing (Sunda)
  5. Blimbing, Blimbing wuluh (Jawa)
  6. Bhalimbhing bulu (Madura)
  7. Blingbing buloh (Bali)
  8. Takurela (Ambon)
  9. Useke (Papua)

Manfaat dan Khasiat Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh biasanya dipakai sebagai bumbu masakan atau pun campuran jamu. Di dalam masakan, baik utuh maupun diiris, biasa digunakan untuk memberi rasa asam ke dalam masakan tertentu. Selain itu, bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis pada makanan, khususnya ikan. Bahkan, buah ini bisa pula dibuat manisan dan minuman segar.

Kandungan kimia yang terdapat di dalam belimbing wuluh, yaitu asam oksalat, sulfur, glukosid, tanin, asam format, peroksida, kalium, dan saponin.

Selain sebagai masakan, buah yang banyak orang menyebutnya sebagai belimbing sayur ini, ternyata memiliki banyak  khasiat di dalam dunia kesehatan, antara lain :

  • daunnya dapat digunakan sebagai obat sakit perut.
  • daunnya yang muda bila ditambah cengkih, dapat dijadikan salep untuk obat rematik atau encok.
  • batang dan daun mudanya dapat digunakan untuk obat gondok.
  • bunganya dapat digunakan untuk obat batuk.
  • buahnya yang kaya vitamin C ini, dapat digunakan untuk memperbanyak pengeluaran empedu, obat ruam, dan batuk rejan. Juga dapat dipakai untuk mengobati diabetes, jerawat, panu, sariawan, dan dapat mencegah hipertensi.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat dari belimbing wuluh. Meski buahnya kecil dan rasanya masam, tapi buah ini memiliki banyak kegunaan dan khasiat lainnya. Penelitian tentang buah ini masih terus dikembangkan demi membantu masyarakat dalam dunia kesehatan.

Tags: