Apakah Lumba-Lumba Punya Dukun Beranak?

Lumba-lumba terkenal sebagai makhluk paling ramah dan suka bermain-main dengan manusia. Banyak peristiwa tentang lumba-lumba yang menyelamatkan orang yang tenggelam ataupun menyelamatkan perenang dari serangan ikan hiu. Seperti kita tahu, lumba-lumba bukan jenis ikan melainkan mamalia laut. Tentu saja, lumba-lumba mengalami proses melahirkan. Seperti manusia, apakah lumba-lumba membutuhkan pertolongan saat melahirkan seperti pertolongan dokter ataupun dukun beranak. Apakah lumba-lumba punya dukun beranak?

apakah lumba-lumba punya dukun beranak?

gambar diambil dari www.pixabay.com

Apakah lumba-lumba punya dukun beranak?

Yup, lumba-lumba punya dukun beranak. Tapi, dukunnya bukan manusia, melainkan para lumba-lumba juga. 😀

Setahun setelah lumba-lumba betina kawin, mereka akan melahirkan bayi lumba-lumba. Pada proses kelahiran bayi itu, para lumba-lumba betina yang telah melahirkan sebelumnya akan bertugas sebagai ‘dukun beranak’. Mereka akan membantu kelahiran bayi tersebut.

Sebagian lumba-lumba betina itu ada yang membantu menopang tubuh si induk. Ada pula lumba-lumba yang membawa si bayi ke permukaan sehingga bayi lumba-lumba tersebut bisa bernapas.

Yup, itulah sedikit penjelasan tentang apakah lumba-lumba punya dukun beranak? Mudah-mudahan, penjelasan singkat tadi dapat membantu dan memberikan manfaat. ^_^

Tags: