Berapa Jumlah Gigi Ikan Hiu?

Pernah menonton film Jaws? Salah satu film terlaris yang memiliki 4 sekuel ini sungguh menegangkan, menurut saya. 😀 Jaws adalah film thriller, disutradarai oleh Steven Spielberg, yang bercerita tentang serangan hiu. Untuk cerita selanjutnya, silakan tonton dan nikmati ketegangan yang disuguhkan oleh film itu. 😀 Tetapi, tolong perhatikan ketika hiu membuka mulutnya dan jangan lupa untuk menghitung ada berapa jumlah gigi ikan hiu? 😀

Berapa jumlah gigi ikan hiu?

Ada singa sebagai raja di hutan, ada juga hiu sebagai raja di lautan. Predikat sebagai Raja Lautan bukan saja karena hiu berukuran besar (panjangnya bisa mencapai 50 kaki). Tetapi, disebabkan juga karena hiu merupakan salah satu dari kelompok tertua yang pernah hidup di bumi hingga saat ini. Beberapa fosil hiu ditemukan telah berumur sekitar 250 juta tahun yang lalu.

Hiu adalah ikan air laut yang termasuk ke dalam kelas Chondrichthyes.Merupakan ikan paling gesit dan buas di laut, meski ada beberapa spesies yang tergolong tidak berbahaya. Hiu termasuk hewan pemburu yang memiliki gigi-gigi berbentuk segitiga dengan ujung-ujungnya yang bergerigi seperti gergaji. Kira-kira berapa ya jumlah gigi hiu? Seekor hiu kira-kira memiliki gigi sejumlah 3.000 buah di dalam mulutnya yang tersusun dalam bentuk berderet. Deretannya bisa mencapai hingga 20 deret. Tetapi, hanya gigi yang berada pada deretan ujung paling luar yang digunakannya untuk menggigit.

Bagaimana hiu mengganti giginya yang tanggal?

Gigi hiu tidak berada dalam satu baris seperti gigi manusia. Hewan ini memiliki gigi yang membentuk dalam beberapa baris, satu gigi berada di belakang yang lain. Ketika hiu menggigit mangsa, seringkali bagian depan gigi hiu patah atau tanggal. Tetapi, selang sehari atau dua hari kemudian, gigi dari baris belakang atau bagian dalam akan bergeser ke depan atau ke deretan luar. Tujuannya, untuk menggantikan gigi yang tanggal sehingga gigi yang digunakan untuk menggigit mangsa tetap tajam. Seumur hidupnya, seekor hiu bisa kehilangan 20 ribu giginya. Tetapi, ia juga mendapatkan gigi dengan cara mudah seperti yang telah disebutkan di atas tadi.

 

Rate this article!
Tags: