Berhitung Cepat Tanpa Kalkulator : Membagi Suatu Bilangan Dengan 10

Membagi suatu bilangan dengan 10 merupakan hal yang sangat mudah. Apalagi, jika bilangan yang hendak dibagi tersebut memiliki angka satuan nol (0). Tetapi, bagaimana caranya jika bilangan yang akan dibagi itu tidak memiliki angka satuan nol? Berikut di bawah ini adalah cara yang mudah dan sederhana untuk dapat memperoleh hasilnya dengan cepat. Dan, tentu saja, tanpa menggunakan kalkulator atau alat hitung lainnya.

berhitung cepat tanpa kalkulator : membagi suatu bilangan dengan 10

gambar diambil dari www.pixabay.com

Berhitung cepat tanpa kalkulator : membagi suatu bilangan dengan 10

Jika kita membagi suatu bilangan yang memiliki angka satuan nol (0) dengan 10, kita dapat menyelesaikannya hanya dengan menghilangkan angka nol tersebut. Tetapi, bagaimana jika bilangan tersebut tidak memiliki angka satuan nol? Caranya tak kalah mudah, yaitu dengan menggeser satu langkah ke kiri dan memberi tanda koma sebagai tanda desimalnya. Seperti, 73 : 10 = 7,3.

Yuk, kita coba dengan menyelesaikan contoh soal di bawah ini.

Soal :

Hari ini, adik berulang tahun. Ia berencana untuk membagikan 150 butir kelerengnya kepada 10 temannya. Berapa butir kelereng yang akan diterima oleh masing-masing temannya?

penyelesaian :

150 : 10

  • hilangkan angka 0 dari bilangan 150 ========> 15

Jawab : 15 butir

Sangat mudah, bukan?

Bagaimana jika yang dibagi merupakan bilangan yang tidak memiliki angka satuan nol (0)?

Yuk, kita coba dengan soal di bawah ini.

Soal :

75 : 10

  • pada bilangan 75 pindahkan tanda koma (desimal) satu langkah ke kiri =====> 7,5

Jawab : 7,5

Memang sangat mudah. Jika bilangan yang akan dibagi tidak memiliki angka satuan nol (0), maka cukup dengan memberikan tanda koma (memindahkan tanda desimal).

Bagaimana dengan bilangan yang dibagi 100? Ah, itu mudah lah! Cukup dengan menggeser tanda desmial (koma) 2 langkah ke kiri. Contoh : 314 : 100 = 3,14. Seperti itu. Jika dibagi dengan 1.000? Mudah juga. Dengan menggeser tanda desimal (koma) 3 langkah ke kiri. Begitu seterusnya.

Bagaimana juga jika bilangan yang akan dibagi merupakan bentuk puluhan dan hendak dibagi dengan 100? Seperti : 46 : 100? Mudah saja. Kita tinggal menggeser tanda desimal (koma) 2 langkah ke kiri. 46 : 100 = 0,46. Karena di depan angka 4 tidak ada angka lagi, maka diberi tanda 0. Begitu pula jika dibagi dengan 1.000. Contoh : 46 : 1000. Kita tinggal menggeser tanda desimal (koma) sebanyak 3 langkah ke kiri. Begitu seterusnya. Jumlah langkah untuk menggeser ke kiri sama dengan jumlah nol pada bilangan pembagi.

Demikian secara singkat tentang penjelasan membagi suatu bilangan dengan 10. Mudah-mudahan dapat membantu dan memberikan manfaat. ^_^

Tags: