Berhitung Cepat Tanpa Kalkulator : Mengurangi Dengan Menambah

Selain menjumlah, kegiatan berhitung lainnya adalah mengurangi. Seperti kita tahu, menjumlah lebih mudah daripada mengurangi. Apalagi penjumlahan dengan angka puluhan. Tetapi, ada beberapa jurus yang dapat dipakai untuk menyelesaikan masalah pengurangan. Selain mudah, jurus ini juga membuat kita dapat menyelesaikan masalah pengurangan dengan cepat tanpa menggunakan bantuan alat hitung. Salah satunya adalah jurus mengurangi dengan menambah. Seperti apa, sih, jurus tersebut? Di bawah ini sedikit tentang penjelasan salah satu jurus berhitung cepat tanpa kalkulator : mengurangi dengan menambah.

berhitung cepat tanpa kalkulator : mengurangi dengan menambah

gambar diambil dari www.pixabay.com

Berhitung cepat tanpa kalkulator : mengurangi dengan menambah

Salah satu jurus yang dapat dipakai untuk menyelesaikan soal-sola pengurangan dengan cepat dan mudah adalah mencoba dengan cara menjumlah.

Soal : 

Di suatu kelas ada 43 buah kursi. Kursi yang rusak ada 18 buah kursi. Berapa buah kursi yang tidak rusak?

Penyelesaian :

33 – 15

  • langkah 1 : pikirkan 15 ditambah berapa sama dengan 33?
  • langkah 2 : pikirkan 15 + 10 = 25, dan 25 + 8 = 33. Jadi, tadi, kita telah menambahkan 10, kemudian 5. Sekarang, jumlahkan kedua angka tersebut untuk mendapatkan jawabannya.

Jawab : 15 buah kursi

Mudah, bukan?

Yuk, kita coba soal lainnya!

Soal :

62 – 37

  • langkah 1 : pikirkan 37 ditambah berapa = 62?
  • langkah 2 : pikirkan 37 + 10 = 47; 47 + 10 = 57; dan 57 + 5 = 62. Yup, tadi, kita telah menambahkan 20 (10+10), kemudian menambahkan 5 lagi untuk mendapatkan jawabannya.

Jawab : 25

catatan : pertama-tama, kita dapat menggunakan jari untuk menghitung jumlah puluhan yang telah ditambahkan. Dengan giat berlatih, kita dapat menyelesaikan soal hanya dengan satu langkah.

Demikian, sekilas tentang teknik berhitung cepat tanpa menggunakan kalkulator. Di mana untuk menyelesaikan soal pengurangan cukup dengan menggunakan jurus ‘menambah’. Jurus seperti ini bertujuan untuk berlatih membiasakan diri berhitung dengan ingatan saja/di luar kepala/mencongak. Untuk mendapatkan hasilnya pun, terkadang, lebih cepat dari alat hitung. Asalkan, giat berlatih. Mudah-mudahan, penjelasan singkat di atas dapat membantu dan memberikan manfaat. ^_^

Tags: