Berhitung Cepat Tanpa Kalkulator : Perkalian Dengan 5

Perkalian dengan 5 sebenarnya sangatlah mudah. Tetapi, terkadang, kita masih sering menggunakan alat hitung untuk mendapatkan hasilnya. Di bawah ini adalah salah satu jurus mudah yang dapat digunakan. Hasilnya dapat diperoleh dengan mudah tanpa menggunakan bantuan alat hitung, cukup dengan melakukannya di luar kepala. Seperti apa, sih, tekniknya?

berhitung cepat tanpa kalkulator : perkalian dengan 5

gambar diambil dari www.pixabay.com

Berhitung cepat tanpa kalkulator : perkalian dengan 5

Jurus cepat untuk mengalikan suatu bilangan dengan 5 adalah dengan membagi bilangan yang akan dikalikan menjadi dua terlebih dahulu (bilangan yang akan dikalikan dengan 5 ini dibagi 2). Lalu, kalikan bilangan hasil bagi dua tersebut dengan 10. Yup, dalam sekejap hasilnya dapat dengan segera didapat. Yuk, kita coba dengan beberapa latihan soal!

Soal :

Tito hendak mengikat buah manggis. Setiap ikatan berisi 26 buah manggis. Setelah semua manggis selesai diikat, Tito memperoleh 5 ikat buah manggis. Berapa jumlah manggis seluruhnya?

Penyelesaian :

26 x 5

  • langkah 1 : bagi 2 angka 26 =======================> 26 : 2 = 13
  • langkah 2 : kalikan hasilnya (13) dengan 10 ============> 13 x 10 = 130

Jawab : 130 buah

Nah, mudah, bukan?

Yuk, kita coba dengan soal lain lagi!

Soal :

48 x 5

  • langkah 1: bagi 2 angka 48 ========================= > 48 : 2 = 24
  • langkah 2 : kalikan hasilnya (24) dengan 10 ============= > 24 x 10 = 240

Jawab : 240

Jurus ini sangat berguna karena lebih mudah untuk membagi 2 suatu bilangan daripada mengalikannya dengan bilangan 5. Untuk melatih agar terbiasa, cobalah membagi setiap bilangan yang ada dengan bilangan 2. Misalnya, ketika melihat angka 78 pada kotak surat. Bagilah angka tersebut menjadi 2. Tetapi, lakukan pembagian ini di dalam dalam benakmu saja. ^_^

Tags: