Berhitung Cepat Tanpa Kalkulator : Perkalian Dengan Angka 9

Kita tentu telah hafal di luar kepala hasil perkalian dengan angka 9 dari 0 sampai 10. Tetapi, bagaimana jika yang dikalikan dengan angka 9 tersebut adalah bilangan yang terdiri dari 2 angka (misalnya, 13, 25, 77)? Tanpa menggunakan kalkulator atau alat hitung lainnya, kita masih dapat mendapatkan hasilnya secara cepat dan mudah. Bagaimana caranya? Di bawah ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan soal perkalian dengan angka 9 dengan bilangan yang terdiri dari dua angka.

berhitung cepat tanpa kalkulator : perkalian dengan angka 9

gambar diambil dari www.pixabay.com

Berhitung cepat tanpa kalkulator : perkalian dengan angka 9

Kita akan menggunakan jurus yang paling mudah untuk mengalikan dengan angka 9. Yaitu, dengan melalui 2 langkah. Langkah pertama, kalikan bilangan tersebut dengan 10 terlebih dahulu. Lalu, kurangi hasilnya dengan bilangan yang dikalikan itu sendiri. Hasil telah kita peroleh. Yuk, kita pakai jurus ini untuk menyelesaikan beberapa contoh soal berikut.

Soal :

Toni memiliki 9 potong kawat. Masing-masing kawat dipotong kecil-kecil menjadi 13 bagian sama panjang. Berapa banyak potongan kawat kecil yang dihasilkan?

penyelesaian :

13 x 9

  • kalikan 13 dengan 10 =============> 13 x 10 = 130
  • kurangi 130 dengan 13 ============> 130 – 13 = 117

Jawab : 117 potong kawat kecil

Nah, bagaimana? mudah sekali, bukan?

Yuk, kita coba dengan soal yang lain lagi.

Soal :

24 x 9

penyelesaian :

  • kalikan 24 dengan 10 ===========> 24 x 10 = 240
  • kurangi 240 dengan 24 =========> 240 – 24 = 216

Jawab : 216

Bagaimana?

Jurus yang sangat mudah dan sederhana sekali, bukan?

Yang harus selalu diingat, perkalian bilangan 2 angka dengan angka 9 memerlukan konsentrasi lebih dibandingkan perkalian dengan angka lainnya. Karena, kita harus melakukan pengurangan dengan bilangan besar di dalam benak. Tetapi, dengan banyak berlatih, kita dapat menguasai jurus sederhana ini dengan baik.

Demikianlah langkah-langkah sederhana untuk menyelesaikan perkalian bilangan 2 angka dengan angka 9. Mudah-mudahan penjelasan singkat ini dapat membantu dan memberikan manfaat.^_^

Tags: