Berhitung Cepat Tanpa Kalkulator : Perkalian Dengan Angka-Angka Yang Berakhir Nol

Salah satu bentuk berhitung lainnya selain penjumlahan dan pengurangan adalah perkalian. Seperti yang kita tahu, perkalian adalah bentuk penjumlahan berulang. Untuk mempermudah menyelesaikan soal perkalian, salah satu caranya adalah dengan menghafal perkalian 1-10. Menggunakan alat hitung merupakan salah satu cara termudah lainnya.. 😀 Tetapi, sebenarnya, kita masih dapat menyelesaikan soal perkalian tersebut tanpa alat hitung, lho. Salah satu caranya adalah dengan mengetahui trik-trik dalam berhitung. Banyak jurus/trik-trik yang dapat dipakai untuk menyelesaikan soal perkalian. Di bawah ini sedikit tentang jurus perkalian dengan angka-angka yang berakhir nol. Bagaimana caranya?

berhitung cepat tanpa kalkulator : perkalian dengan angka-angka yang berakhir nol

gambar diambil dari www.pixabay.com

Berhitung cepat tanpa kalkulator : perkalian dengan angka-angka yang berakhir nol

Yang harus diperhatikan saat melakukan penghitungan ini, abaikan angka nol pada angka satuan. Kemudian, kita mengalikan bilangan-bilangan lainnya. Setelah tiu, kita harus menuliskan kembali angka-angka nol setelah selesai melakukan perkalian. Yuk, kita coba dengan menyelesaikan soal di bawah ini!

Soal :

Adik gemar mengumpulkan stiker. Sampai saat ini, ia telah mengumpulkan 50 lembar stiker. Setiap lembar terdiri dari 40 buah stiker. Berapa jumlah seluruh stiker yang dimiliki oleh adik?

penyelesaian :

50 x 40

  • hilangkan angka nol =========================> 50 x 40 menjadi 5 x 4
  • kalikan  ================================= > 5 x 4 = 20
  • tambahkan kembali angka-angka nol yang tadi dihilangkan == > 20 menjadi 2000

Jawab : 2.000

Mudah, bukan?

Yuk, kita coba soal lainnya!

Soal :

60 x 300

penyelesaian :

  • hilangkan angka nol ===================> 60 x 300 menjadi 6 x 3
  • kalikan ============================> 6 x 3 = 18
  • tambahkan kembali angka-angka nol yang tadi dihilangkan ===> 18 menjadi 18000

Jawab : 18.000

Mudah, bukan?

Tetapi, ingatlah, bahwa jurus ini tidak berlaku untuk perkalian yang letak angka nol-nya tidak pada angka satuan, misalnya di tengah, seperti 507, 3.005. Tetapi, jurus ini berlaku untuk angka 50, 700, dan 1.500. Jangan lupa untuk menuliskan kembali angka-angka nol yang tadi dihilangkan pada angka satuan.

Tags: