Berhitung Tanpa Kalkulator : Kuadrat Bilangan Yang Berakhir Dengan Angka 1 dan Angka 9

Jurus yang digunakan kali ini adalah untuk mencari hasil dari kuadrat bilangan yang berakhir dengan angka 1 dan angka 9 tanpa menggunakan kalkulator atau alat hitung lainnya. Yang berakhir dengan angka 1, misalnya 31, 11, 21, dsb. Sedangkan, yang berakhir dengan angka 9, seperti 29, 99, atau 59. Jurus ini untuk membiasakan otak kita agar bekerja seperti sebuah kalkulator atau alat hitung lainnya. Bagaimana jurusnya? Di bawah ini tentang penjelasan mengenai langkah-langkah jurus tersebut.

berhitung tanpa kalkulator : kuadrat bilangan yang berakhir dengan angka 1 dan angka 9

gambar diambil dari www.pixabay.com

Berhitung tanpa kalkulator : kuadrat bilangan yang berakhir dengan angka 1 dan angka 9

Seperti yang telah disebutkan di atas, jurus ini untuk mencari hasil dari kuadrat suatu bilangan yang berakhir dengan angka 1 dan angka 9. Proses perkaliannya adalah dengan mengalikan bilangan sebelumnya dengan bilangan sesudahnya. Setelah itu, kita menambahkan 1 pada hasil perkalian tersebut. Yuk, kita pakai jurusnya untuk mencoba menyelesaikan contoh soal di bawah ini.

Soal :

Tim bola voli sekolahmu berhasil memenangkan 21 pertandingan dalam satu musim. Tim bola voli sekolahmu setiap memenangkan pertandingan mendapat nilai 21. Berapa banyak nilai keseluruhan yang diraih tim bola basket sekolahmu selama satu musim tersebut?

penyelesaian :

21 x 21 ( 21² )

  • kalikan bilangan sebelum dan sesudah bilangan 21 ===========> 20 x 22 = 440
  • tambahkan angka 1 pada hasil perkalian tersebut ============> 440 + 1 = 441

jawab : tim voli memperoleh nilai 441

Mudah, kan?

Yuk, kita coba dengan soal lainnya.

Soal :

29 x 29 ( 29² )

penyelesaian : 

  • kalikan bilangan sebelum dan sesudah bilangan 29 ==============> 28 x 30 = 840
  • tambahkan angka 1 pada hasil perkalian tersebut ===============> 840 + 1 = 841

jawab : 841

Memang benar mudah, kan?

Jurus ini membuat proses penghitungan menjadi lebih mudah karena dengan mengubah salah satu bilangan dalam perkalian 10. Pada contoh-contoh soal di atas kita mengalikan 20 x 22 dan 28 x 30 yang jauh lebih mudah dibanding kita mengalikan bilangan awalnya.

Demikian sekilas tentang penjelasan jurus mudah yang dapat dipakai untuk mencari hasil dari kuadrat suatu bilangan yang berakhir dengan angka 1 dan angka 9. Mudah-mudahan dapat membantu dan memberikan manfaat. ^_^

Tags: