Berhitung Tanpa Kalkulator : Perkalian Dengan Angka 11

Perkalian suatu bilangan satu angka dengan angka 11 sangatlah mudah, misal saja perkalian angka 6 dengan 11 ( 6 x 11). Tentu saja kita langsung mengganti angka 1 tersebut dengan angka yang dikalikannya (yang dimaksud di sini angka 6), menjadi 66. Begitu pula dengan angka lainnya. Tetapi, bagaimana jika mengalikan suatu bilangan 2 angka dengan bilangan 11? Di bawah ini tentang penggunaan jurus berhitung tanpa kalkulator yang cepat dan mudah untuk menyelesaikan soal perkalian dengan angka 11.

berhitung cepat tanpa kalkulator : perkalian dengan angka 11

gambar diambil dari www.pixabay.com

Berhitung tanpa kalkulator : perkalian dengan angka 11

Untuk mengalikan suatu bilangan 2 angka dengan angka 11, terlebih dahulu kita menuliskan/membayangkan bilangan yang akan dikalikan dengan angka 11 tersebut. Tetapi, berilah jarak di antara kedua angka tersebut. Kemudian, jumlahkan kedua angka itu. Tulis/tempatkan hasil pada jarak yang telah kita sediakan sebelumnya. Masih bingung? Yuk, kita coba dengan menyelesaikan beberapa soal di bawah ini.

Soal :

Murid baru SD Merpati Putih dibagi menjadi 11 kelas. Masing-masing kelas berisi 45 murid. Berapakah jumlah murid baru SD Merpati Putih seluruhnya?

Penyelesaian : 45  x  11

  • tulis angka 45 pada kertas. Beri jarak di antara kedua angka tersebut ======= > 4 ? 5
  • jumlahkan angka 4 dan 5====================================> 4 + 5 = 9
  • sisipkan hasil penjumlahan tersebut pada jarak yang tadi telah disediakan ======> 4 5

Jawab : 495 murid

Mudah, bukan?

Tetapi, bagaimana jika hasil penjumlahan dua angka yang akan dikalikan dengan angka 11 itu lebih dari 9?

Di bawah ini contoh soalnya.

Soal : 57  x  11

Penyelesaian :

  • tulis angka 57 pada kertas. Beri jarak di antara kedua angka tersebut ========= > 5 ? 7
  • jumlahkan angka 5 dan 7 ======================================= > 5 + 7 = 12
  • sisipkan angka yang satuan dari hasil penjumlahan tersebut (2) pada jarak yang telah disediakan sebelumnya ======================================================== ====> 5 2 7
  • tambahkan bilangan 1 pada angka ratusan (5) dari angka sebelumnya (5+1) ======== > 6 2 7

Jawab : 627

*) Yang perlu diingat, pada contoh soal di atas (57 x 11), angka 5 dan 7 jika dijumlahkan hasilnya lebih dari 9. Oleh karena itu, kita harus melakukan penyimpanan, sehingga pada langkah selanjutnya, kita mengubah angka ratusan (5) menjadi 6.

Mudah, bukan?

Dengan berlatih, lama-lama kita akan terbiasa dan dapat memperoleh jawaban lebih cepat tanpa bantuan alat hitung, bahkan dengan coretan di kertas sekalipun. Mudah-mudahan, penjelasan singkat tentang perkalian dengan angka 11 ini dapat membantu dan memberikan manfaat. ^_^

Tags: