Berhitung Tanpa Kalkulator : Perkalian Dua Bilangan Di Atas 100

Teknik berhitung kali ini untuk memperoleh hasil perkalian dua bilangan di atas 100 secara cepat dan mudah. Cara ini digunakan khusus untuk bilangan yang ada di antara 101 dan 109. Tanpa menggunakan bantuan kalkulator atau alat hitung lainnya, kita dapat memperoleh hasilnya hanya dengan berhitung di luar kepala. Hasilnya pun diperoleh dengan mudah, cepat, dan tepat. Bagaimana, sih, caranya? Di bawah ini penjelasan tentang langkah-langkah untuk menyelesaikan soal perkalian dua bilangan di atas 100 tanpa menggunakan kalkulator.

berhitung tanpa kalkulator : perkalian dua bilangan di atas 100

gambar diambil dari www.pixabay.com

Berhitung tanpa kalkulator : perkalian dua bilangan di atas 100

Seperti yang telah disebutkan di atas, teknik berhitung kali ini untuk menyelesaikan soal perkalian dua bilangan di antara 101 sampai 109. Hasil kali kedua bilangan itu, biasanya, akan muncul dalam bentuk bilangan 5 angka yang dimulai dengan angka 1. Dua angka berikutnya akan sama dengan hasil jumlah 2 angka satuan dari kedua bilangan itu.  Sedangkan, dua angka terakhirnya akan sama dengan hasil perkalian 2 angka satuan kedua bilangan tersebut. Jika hasil penjumlahan atau perkalian dari kedua angka satuan itu hanya terdiri dari bilangan 1 angka, misalnya 6, ditulis dalam 2 angka, yaitu 06. Merasa bingung? He..he.. Yuk, kita coba saja cara tersebut untuk menyelesaikan contoh soal di bawah ini.

Soal 

Pamanku memiliki usaha sebagai peternak ayam petelur. Usahanya sangat besar. Minggu kemarin, aku dan temanku berkunjung ke rumah paman, dan melihat tempat usahanya tersebut. Di sebuah ruangan yang sangat luas, aku melihat kandang ayam yang sangat banyak. Kandang itu terbagi menjadi 104 baris, dan setiap barisnya terdiri dari 102 kandang. Ada berapa jumlah kandang ayam petelur di ruangan itu?

penyelesaian :

104 x 102

  • tulis angka 1 ==============================> 1
  • jumlahkan kedua angka satuan =================> 4 + 2 = 06
  • kalikan kedua angka satuan =================== > 4 x 2 = 08
  • gabungkan jumlah hasil dari ketiga langkah di atas ====> 10608

Jawab : 10.608 kandang

Bagaimana?

Sangat mudah, bukan?

Yuk, kita coba dengan soal yang lain lagi.

Soal :

109 x 107

penyelesaian :

  • tulis angka 1 ====================================> 1
  • jumlahkan kedua angka satuan =======================> 9 + 7 = 16
  • kalikan kedua angka satuan =========================> 9 x 7 = 63
  • gabungkan jumlah hasil dari ketiga langkah di atas =========> 11663

Jawab : 11. 663

Memang sangat…..sangat mudah, bukan?

Kita juga dapat melakukannya hanya dengan berhitung di luar kepala. 😀

Yang harus diingat, teknik berhitung ini hanya untuk perkalian dua bilangan di atas 100, yaitu di antara 101 dan 109. Meski, untuk beberapa soal, jurus ini juga dapat digunakan jika salah satu bilangan yang hendak dikalikan lebih dari 109.

Demikian secara singkat tentang penjelasan untuk memperoleh hasil perkalian dua bilangan di atas 100. Mudah-mudahan, penjelasan singkat ini dapat membantu dan memberikan manfaat. ^_^

Tags: