Berkano di Talu Island , Phuket

Salah satu atraksi yang paling menarik turis ketika berkunjung ke Phuket adalah berkano di Talu Island.

Speedboat yang membawa turis biasanya akan bersandar pada sebuah terminal di tengah laut. Dari situlah para turis akan dibawa dengan kano ke berbagai tempat di pulau ini.

Apa istimewanya berkano disini?

Bedanya, tidak banyak. Kano yang dipergunakan tetap sama dengan kano-kano umumnya di belahan dunia manapun. Yang mengemudikannya juga bukan sang turis meskipun mereka diperkenankan untuk mencoba.

Nah, keunikannya terletak pada rute yang diambil selama berkano di Talu Island.

 

Rutenya unik, karena turis bukan hanya diajak berkano tetapi lebih tepatnya bertualang. Kano-kano tersebut tidak hanya melalui jalur normal dengan air yang tenang. Justru oleh para tukang kano, perahu-perahu tersebut akan diarahkan menuju tempat-tempat yang kelihatannya tidak mungkin dilalui.

Di pulau ini memang terdapat gua-gua sempit di semua sisinya. Jarak antara atap gua dengan permukaan air kadang hanya 30 centimeter saja. Begitu juga lebarnya yang sering hanya 1/2 meter saja.

Gua-gua inilah yang sering dijadikan sasaran tukang kano untuk membawa pengunjung. Mereka diajak merasakan sensasi ketegangan ketika harus berbaring pada lantai kano dengan dinding atas gua hanya berjarak 1 cm saja dari hidung. Perjalanan yang terasa menegangkan dan memacu adrenalin.

Justru hal-hal seperti inilah yang memang dicari oleh para turis. Semakin sempit dan kecil gua yang mereka lewati, selepasnya mereka akan berteriak kegirangan. Padahal ketika sedang mengarunginya terasa sekali adrenalin mengalir ke seluruh tubuh karena tegang.

Oleh karena itulah berkano di Talu Island merupakan salah satu atraksi yang paling sering ditawarkan kepada turis ketika berkunjung ke Phuket.

Atraksinya sederhana. Hanya saja, ketika dipadukan dengan situasi alam disana terasa meninggalkan kenangan berbeda.

Sesuatu yang harus ditiru oleh semua pihak yang bergelut dalam industri pariwisata di Indonesia. Tidak perlu wah, tidak perlu terlalu unik. Selama itu bisa membuat turis terkesan, maka devisa akan semakin deras mengalir.

Seharusnya hal tersebut tidaklah terlalu sulit ditiru mengingat Indonesia memiliki lebih banyak pulau dan laut. Hanya butuh kreatifitas orang-orang didalamnya untuk memanfaatkan dan menemukan caranya.

Rate this article!
Tags: