Blogger Harus Banyak Membaca

Seorang blogger harus banyak membaca! Tidak boleh tidak! Harus. Harus. Harus.

Terdengar seperti memaksa tetapi itulah kenyataannya. Kegiatan menulis apapun baik untuk mengisi blog anda ataupun menulis artikel untuk surat kabar akan mewajibkan si pelaku untuk membaca. Memang kodratnya sudah demikian.

Paling tidak dia harus membaca tulisannya sendiri. Kalau ini tidak dilakukan, bagaimana dia bisa membuat tulisan. Betul tidak?

Ok lah, mungkin Anda berpikir bahwa seorang blogger tidak perlu membaca karena tentu sudah paham dengan apa yang ditulisnya. Nah, kalau Anda memiliki pandangan demikian, saya akan berani bilang SALAH.

Seorang blogger tetaplah seorang manusia yang seberapapun ahlinya ia, tetap akan membutuhkan bantuan orang lain. Itu adalah kodrat manusia yang tidak akan bisa dilepaskan dari diri seorang penulis terkenal dan ahli sekalipun,

Mengapa seorang blogger harus banyak membaca?

1. Untuk mengikuti perkembangan zaman

Apa yang seorang blogger kuasai akan menjadi kuno suatu waktu. Itu juga kodrat alam. Ilmu pengetahuan dan informasi tumbuh dan berkembang setiap harinya.

Sesuatu yang dulu modern, 3-4 tahun ke depan akan menjadi obsolete atau kuno dan out of date. Tidak berlaku lagi.

2. Untuk mencari ide-ide baru

Berkutat hanya dengan pemikiran sendiri akan membuat seorang blogger bak seekor kutu atau belalang di dalam kotak kecil.

Kutu atau belalang tersebut akan terperangkap dalam ruang sempit. Ia akan menyesuaikan kemampuan melompatnya setinggi atap dan batasan dari kotak tersebut. Suatu waktu sang kutu atau belalang tersebut tidak akan lagi mampu melompat tinggi karena ia terbiasa melompat hanya setinggi kotak.

Itulah gunanya seorang blogger harus banyak membaca. Ia harus menghindari terperangkap dalam pola pikir sempit.

3. Untuk menghindari kesombongan

Seorang blogger yang jarang membaca akan membuat dirinya buta dari perkembangan jaman. Ia bisa saja suatu waktu menjadi narsis dan menganggap dirinya selalu sebagai yang terbaik.

Kenyataannya persaingan di dunia luar adalah sangat ketat dan keras. Setiap hari akan lahir seseorang yang memiliki kemampuan lebih mumpuni daripadanya.

Tanpa membaca, maka sang blogger akan terus berpandangan bahwa dialah sang Number One padahal mungkin dia sudah berada di urutan ke 100 atau 1000.

Dengan membaca ia akan cepat menyadari ketertinggalannya dan melakukan upaya pembenahan agar ia bisa menjadi yang terbaik lagi.

4.Untuk mencari data dan informasi

Kurang membaca bisa menyebabkan seorang blogger harus menulis dengan data atau informasi yang terbatas. Seringkali tulisan yang dihasilkan akan menjadi terkesan dangkal dan tidak menyakinkan.

Hal tersebut bisa dihindari dengan banyak menggali informasi dari sumber lain. Caranya, ya dengan banyak membaca dan menemukan informasi terkait dengan temanya.

5. Untuk mencari gaya tulisan baru

Menulis sebuah tema yang sama terus menerus suatu waktu akan membuat gaya menulis kita terlihat sama. Monoton.

Hal ini harus dihindari karena kalau menjadi monoton, maka pembaca akan bosan juga suatu waktu.

Blogger yang banyak membaca seringkali akan menemukan gaya-gaya menulis yang baru yang bisa diterapkan pada tulisannya nanti.

6. Untuk mengasah ketajaman berpikir

Sudah pasti, bahwa otak seorang blogger harus terus diasah untuk mencegahnya menjadi tumpul. Membaca pandangan-pandangan dari sudut yang lain akan memastikan bahwa seorang blogger tidak menjadi “tumpul” karena hanya berpikir pada satu sudut saja.

Seorang blogger harus banyak membaca karena setiap kali ia membaca , ia akan menemukan satu sudut pemikiran versi yang berbeda. Hal ini akan terus memaksanya berpikir dan mengasah otaknya terus menerus.

Hasilnya, kemampuan berpikir seorang blogger akan terus terjaga ketajamannya dengan membaca.

7. Untuk hiburan

Rasa bosan adalah satu tantangan tersendiri bagi seorang blogger. Menulis setiap hari dan hal yang sama terus menerus, jelas akan membangkitan kebosanan dalam diri seseorang.

Hal itu bisa diimbangi dengan mencari hiburan yang bisa bermanfaat bagi dirinya. Membaca adalah salah satu diantaranya. Ia bisa lari dari rutinitas menulis pada saat bersamaan bisa menemukan informasi dan ide baru.

Apa yang harus dibaca seorang blogger?

Apa saja! Jangan dibatasi.

Mulai dari buku-buku tebal yang biasa dibaca para profesor hingga koran bekas bungkus ikan asin.

Selama ada huruf yang bisa dibaca, maka seorang blogger harus coba untuk membacanya.

Nah, kalau Anda membaca tulisan ini setidaknya Anda tahu satu sudut pandang lagi tentang mengapa seorang blogger harus banyak membaca.

Bukan begitu?

 

 

Rate this article!
Tags: