Blogosphere – Masyarakat Jaringan

Ada kategori dalam blog ini yang bertajuk Blogosphere. Mungkin anda akan bertanya apa maksud dari kata tersebut ? Mungkin juga tidak, kalau anda adalah seorang blogger.

Untuk anda yang belum memahami apa itu blogosphere, tulisan ini akan memberikan sedikit gambaran saja tentang apa makna dari kata tersebut.

Nah, sekarang bayangkan saja dunia. Dunia dimana kita tinggal sekarang. Penuh dengan manusia dan manusia-manusia tersebut berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Dunia yang diramaikan dengan interaksi antar manusia dengan manusia lain atau benda lain.

 

Nah, sekarang gantikan saja “manusia” dengan “blog”. Ya, betul gantikan saja kata manusia dan peran manusia dengan blog. Anda langsung akan menemukan arti kata Blogosphere.

Memang itulah arti makna blogsophere alias dunianya blog.

Di dunia ini sekarang ada kurang lebih 500 juta blog. Jumlah yang mendekati 10% dari jumlah penduduk manusia di dunia. Jumlah yang hampir dua kali lipat penduduk Indonesia tahun 2014.

Nah, bila pada dunia nyata manusia berkomunikasi antar sesama, begitu juga para blog. Mereka berkomunikasi juga. Caranya dengan memberikan link, backlink dan sebagai ke blog-blog yang lain.

Itulah pengertian sederhana dari blogosphere.

Apa pentingnya mengetahui tentang blogosphere ?

Tidak penting kalau anda tidak ingin membuat blog. Hanya saja hal tersebut menunjukkan bagaimana sebuah dunia di masa yang akan datang.

O ya. Bila anda tidak menyadari , blogosphere atau setidaknya dasar dari kata tersebut sudah diramalkan atau diprediksikan terjadi sejak tahun 1980-an. Istilah “network society” atau masyarakat jaringan sudah diramalkan akan terbentuk bahkan sebelum blog itu lahir (blog tahun 1990-an).

Masyarakat jaringan adalah masyarakat yang terbentuk bukan lagi berdasarkan pertemuan fisik antar manusia. Masyarakat jaringan akan mengandalkan pada berbagai jaringan komunikasi yang ada.

Manusia tidak lagi perlu pergi ke suatu tempat bila ingin berkumpul dengan orang lain. Di masa dahulu orang akan pergi ke tempat pertemuan berupa gereja, aula untuk sekedar berjumpa dengan para tetangga. Di masa kini manusia hanya perlu membuka komputer dan menyalakan internet dan sudah dapat berbincang dengan seseorang yang berjarak ribuan kilometer jauhnya.

Itulah masyarakat jaringan. Mereka tidak lagi terikat pada satu titik pusat tetapi mereka sudah bisa terkoneksi dengan manusia lain tanpa terikat batas.

Berbagai istilah pun mulai lahir dari sini, SOHO (small office home office) sampai blogosphere adalah berbagai istilah yang didasari pemikiran tentang masyarakat jaringan.

Kita memang masih jauh dari menjadi masyarakat jaringan sepenuhnya. Hanya saja arah menuju kesana sudah sangat jelas terlihat.

Manusia tidak lagi dibatasi oleh jarak dan batas antar negara. Batas-batas tersebut mulai tertembus secara perlahan tetapi pasti.

Mengerti tentang apa itu blogosphere bisa memberikan anda pengetahuan sedikit mengenai kemungkinan dunia di masa yang akan datang. Bahkan bila anda terjun ke dalamnya dengan memiliki sebuah blog akan membuat anda bisa mencicipi rasanya menjadi bagian dari sebuah masyarakat jaringan atau network society itu.

 

Rate this article!
Tags: