Cara Bunglon Mengubah Warna Kulitnya

Bunglon merupakan ahli menyamar yang sangat hebat. Seperti yang kita ketahui, hewan ini dapat mengubah warna kulitnya (bermimikri) untuk menyesuaikan diri dengan keadaan di sekelilingnya. Hal itu mempermudah dirinya ketika akan menangkap mangsanya. Mengapa bunglon bisa mengubah warna kulitnya? Dan, bagaimana cara bunglon mengubah warna kulitnya tersebut? Di bawah ini sedikit penjelasan mengenai cara bunglon mengubah warna kulitnya.

cara bunglon mengubah warna kulitnya

gambar diambil dari www.pixabay.com

Cara bunglon mengubah warna kulitnya

Bunglon dapat mengubah warna kulitnya karena ia memiliki sel-sel khusus pada tubuhnya. Bahkan, saat bunglon mengalami kebutaan sekalipun, bunglon tetap dapat mengubah warna kulitnya agar sesuai dengan warna lingkungan sekitar.

Di bawah permukaan kulitnya yang transparan, bunglon memiliki sel-sel warna. Di bawah lapisan itu terdapat 2 lapisan sel yang masing-masing mengandung pigmen berwarna merah dan kuning. Lalu, di bawahnya lagi, terdapat lapisan sel untuk warna biru dan putih. Lapisan di bawahnya lagi adalah lapisan melanin untuk warna coklat.

Dengan adanya sel-sel warna itulah, bunglon dapat mengubah warna kulitnya ke beberapa warna sesuai kebutuhannya. Meski demikian, bunglon tidak dapat mengubah kulitnya ke semua warna. Hanya warna-warna tertentu saja.

Lalu, bagaimana cara bunglon mengubah warna kulitnya?

Pada umumnya, bunglon memiliki warna kulit coklat atau hijau. Tetapi, mereka akan mengubah warna kulitnya sesuai kebutuhan/keinginannya, seperti ketika mereka sedang marah atau takut. Pada saat mengubah warna kulitnya tersebut, bunglon akan membesarkan atau mengecilkan sel warna khusus yang mereka miliki pada kulitnya. Kemampuan bunglon yang mengesankan ini dimungkinkan karena adanya perangkat khusus dalam tubuh bunglon. Perangkat khusus pada bunglon itu bisa diibaratkan sebagai empat warna tinta dalam printer yang dapat menghasilkan warna-warna berbeda.

Itulah sedikit penjelasan mengenai cara bunglon mengubah warna kulitnya. Mudah-mudahan penjelasan singkat ini dapat membantu dan memberikan manfaat. ^_^

Rate this article!
Tags: