Cara membuat kalimat sederhana dengan it

Sebelum anda mulai membaca tulisan mengenai cara membuat kalimat sederhana dengan it, sebaiknya anda camkan hal ini.

Tidak perlu malu belajar sesuatu hal yang sangat sederhana. Sesuatu harus dimulai dari awal untuk memberikan dasar yang kuat. Bahkan sebuah bangunan rumah tidak langsung dibuat atapnya terlebih dahulu. Rumah akan selalu dibangun pertama kali dengan membuat fondasi.

Membuat kalimat menggunakan “it” sebagai dasarnya sering dianggap remeh dan merupakan pelajaran anak kecil. Tidak menantang sama sekali. Padahal banyak sekali kalimat dalam buku-buku berbahasa Inggris menggunakan kata “it”.

Ada banyak pola kalimat yang berdasar pada kata “it”. Cara membuat kalimat sederhana dengan it yang paling mudah adalah dengan menggunakan pola dasar seperti di bawah ini

 

IT – TO BE – KATA BENDA  (KALIMAT POSITIF)

IT – TO BE – NOT – KATA BENDA (KALIMAT NEGATIF)

TO BE – IT – KATA BENDA (KALIMAT PERTANYAAN)

(Catatan : “To be” dalam bahasa Inggris ada beberapa bentuk seperti is, am , are, was , were. Hanya untuk pembentukan kalimat sederhana, saya hanya akan memakai “is”. Sisanya akan dijelaskan dalam tulisan terpisah.

Kalau dibuat kalimat, maka hasilnya akan seperti di bawah ini

  • It is a pen
  • It is NOT a pen (catatan : “is NOT bisa disingkat menjadi “isn’t”. Jadi kalimat ini sama dengan It isn’t a pen)
  • Is it a pen ?

Bagaimana menjawab kalimat pertanyaan terakhir ? Anda cukup menjawab sebagai berikut

  • Yes, it is ===> ini adalah kependekan dari Yes, it is a pen.
  • No, it is not ===> kependekan dari No, it is not a pen

 

Gampang bukan ?

Hanya ! Perhatikan mengapa bagian kata benda ditebalkan. Disitulah letak banyaknya terjadi kesalahan dalam membuat kalimat dengan it. Oleh karena terlalu sederhana, banyak yang mengabaikan penggunaaan a dan an di depan kata benda.

Masih banyak yang menulis dengan

  • It is pen
  • It is book
  • It is pencil

Ini salah. Di depan kata benda harus ada “a” atau “an”.  Anda bisa membaca tentang cara memakai a dan an dalam bahasa Inggris.

Begitu juga dengan yang di bawah ini

  • It is pens
  • It is books
  • It is pencils

Mengapa tiga kalimat di atas salah ? Karena “it” itu juga menunjukkan jumlah. Jumlah yang ditunjukkan oleh kata “it” adalah “satu” alias “one” a.k.a. “1”.

Pens, books, pencils menunjukkan jumlah lebih dari 1 dan tidak cocok digabungkan dengan “it”

Demikianlah cara membuat kalimat sederhana dengan menggunakan it. Sangat sederhana tetapi saya akan menganjurkan anda untuk mencobanya dan berlatih sendiri di rumah. Practice makes perfect, berlatih membuat sempurna.

Kata-kata yang dapat anda pakai bisa anda temukan sendiri di dalam kamus bahasa Inggris – Indonesia. Saya tidak akan memberikannya disini karena saya berharap anda juga mau berusaha menemukan sendiri kata-kata yang diperlukan. Hal tersebut akan membuat anda tidak merasa bosan dan menambah vocabulary anda juga.

Selamat mencoba !

Bogor, 22 Mei 2015

Tags: