Lakukan Ini Untuk Menambah Vocabulary atau Kosa Kata Bahasa Inggris

Sedang berbicara dengan orang asing dalam bahasa Inggris, tetapi Anda merasa kesulitan untuk menemukan kata yang tepat? Sudah biasa dan wajar saja karena bahasa Inggris bukanlah bahasa ibu kita, tetapi hal itu merupakan sinyal untuk menambah vocabulary atau kosa kata Anda.

Caranya sebenarnya sederhana dan untuk menambah kosa kata yang diperlukan bukanlah guru, tetapi bagaimana Anda mau dan konsisten untuk melakukannya.

Caranya mudah. Silakan ikuti cara di bawah ini.

Cara Menambah Vocabulary atau Kosa Kata Bahasa Inggris

1) Pilih 5 Kata Dari Kamus Dan Hapalkan Setiap Hari

Banyak yang mengatakan untuk apa dan tidak efisien. Tetapi, bila Anda menghapal 5 kata setiap hari saja, maka dalam setahun sudah ada tambahan 1,825 kata bahasa Inggris dalam perbendaharaan Anda.

Jumlah yang akan cukup untuk melakukan percakapan sehari-hari.

Bila dilakukan terus selama 3-4 tahun saja, maka lebih dari 7,200 kata.

Pilih secara acak saja dari kamus. Kemudian tulis dalam selembar kertas kecil dan cobalah ingat artinya dan cara pengucapannya. Lakukan terus berulang-ulang pada saat senggang sampai sebelum Anda tidur.

2). Tonton Film Berbahasa Inggris Tanpa Subtitle

Menonton film tentunya menyenangkan. Tetapi, biasanya mata kita akan tertuju pada subtitle atau teks terjemahannya.

Hentikan kebiasaan ini.

Cobalah menonton film yang tanpa subtitle sama sekali. Biarkan kuping Anda mencoba menangkap kata-kata yang diucapkan pemerannya.

Banyak yang tidak mengerti? Tidak masalah. Cari di kamus dan catat dalam catatan kecil yang bisa dibawa-bawa. Lakukan langkah kesatu.

3) Mendengarkan Lagu Berbahasa Inggris

Kata siapa belajar tidak bisa digabungkan dengan kesenangan. Coba saja dengarkan lagu-lagu dari Barat yang berbahasa Inggris. Pilih lagu dari penyanyi favorit untuk menambah semangat.

Kemudian, dengarkan secara teliti dan kalau perlu berulang-ulang. Kalau ada kata yang tidak diketahui artinya, carilah di kamus. Seperti biasa kembalikan ke langkah pertama.

Bukankah menyenangkan? Mendapat tambahan kosa kata, menjadi terbiasa mendengarkan pengucapan bahasa Inggris, dan tentu saja kesenangan mendengarkan lagu favorit.

4) Baca Buku Berbahasa Inggris

Malas karena tata bahasanya berat dan banyak kata formal yang dipergunakan? Hey, belajar tidak boleh malas.

Cari buku anak-anak , atau novel remaja berbahasa Inggris. Lalu cobalah baca. Letakkan kamus di sebelah atau manfaatkan saja kamus online di smartphone Anda, jadi ketika ada kata yang tidak dimengerti tinggal dicari artinya di kamus.

Jangan lanjutkan sampai Anda tahu arti katanya.

Pertama kali pasti sulit karena perbendaharaan kata kita sedikit, tetapi bila dilakukan terus menerus maka sudah pasti hal ini akan menambah vocabulary atau kosa kata bahasa Inggris kita.

Tidak perlu banyak-banyak langkah menambah vocabulary atau kosa kata bahasa Inggrisnya. Sedikit saja. Tetapi, kalau kita konsisten dan bersedia melakukan hal-hal seperti di atas secara terus menerus, tidak akan butuh waktu lama. Anda akan segera merasakan hasilnya.

Cobalah selama 3 bulan saja (setiap hari ya0 dan kemudian silakan share bagaimana hasilnya disini.

Saya cukup yakin Anda akan memberikan sharing yang menarik.

Tags: