Cara Mengaktifkan Mobile Hotspot/Wi-fi (Tethering) di Android

Cara Mengaktifkan Mobile Hotspot atau Wifi (Tethering) di Android

Di zaman sekarang dimana ketergantungan terhadap internet semakin besar, ketiadaan hal yang satu itu bisa menyebabkan banyak urusan terbengkalai. Bayangkan saja, setelah meeting dengan customer dan harus segera memberikan laporan kepada boss, eh ternyata tempat dimana kita berada tidak menyediakan fasilitas wi-fi. Artinya, email laporan yang harus segera dikirim tidak akan bisa sampai ke tangan yang memerlukan dengan segera.

Pada saat seperti itu sebenarnya tidak perlu panik. Di tangan kita ada sebuah benda yang bisa menyelesaikan masalah seperti itu dengan mudah, namanya smartphone atau gadget yang kebanyakan diperlengkapi dengan sistem operasi Android. Masalah itu bisa dipecahkan dengan mudah, yaitu cukup dengan mengkatifkan mobile hotspot/wifi atau yang dikenal dengan sebutan Tethering saja.

Dengan begitu, maka otomatis akan tersedia internet yang bisa dipergunakan untuk mengakses internet.

Syaratnya hanyalah pastikan bahwa smartphone yang ada sudah diperlengkapi dengan paket data/internet. Memang tidak masalah kalaupun tidak memakai paket itu karena sistemnya bisa memakai pulsa juga, hanya harganya bisa menjadi sangat mahal karena kebanyakan operator seluler akan mengenakan tarif Rp. 1/KB.

Cara melakukannya tidaklah terlalu sulit, dan walau tipe Android ada bermacam-macam, tetapi dasarnya adalah sama.

Silakan ikuti saja beberapa langkah sederhana ini untuk bisa mengaktifkan mobile hotspot/wifi (tethering) di Android.

> Cari menu SETTING

> Temukan menu “MOBILE HOTSPOT” atau “TETHERING” (Tergantung jenis android dan gadgetnya, ada yang langsung tampil di layar ketika Menu Setting ditekan, atau terkadang harus menekan “MORE”

Contoh dari Samsung A6 dan Asus T00N

Cara Mengaktifkan Mobile Hotspot (Tethering) di Android 2

SAMSUNG GALAXY A6

ASUS T00N

> Standarnya adalah OFF, geser saja tomol menjadi ON

> Isikan password agar orang lain tidak bisa ikut mengakses yang tentunya akan menyedot kuota internet kita. Kolomnya biasanya ada di bawah menu pengaktifan tethering. Judulnya bisa “PASSWORD” atau “SET UP WIFI NETWORK”

Cara Mengaktifkan Mobile Hotspot (Tethering) di Android 4

> Selesai

Tidak susah kan? Memang tidak susah. Masalahnya orang terkadang malas mencari menu ini.

Jadi, kalau tidak ada wifi gratis dimanapun, jangan khawatir selama ada smartphone Android di tangan kita. Internet bisa tetap tersedia.

O ya fitur tethering tidak bisa aktif kalau perangkat terkoneksi ke wifi/hotspot lain. Jadi salah satunya akan otopmatis mati sendiri.

Tags:
author

Author: