Cara Menghemat Pulsa Agar Tidak Merobek Dompetmu

Bingung pulsa Anda rasanya cepat habis? Sebelum menuduh provider memasang tarif terlalu mahal, lebih baik kita mengintrospeksi cara kita berkomunikasi dulu. Apakah kita sudah berkomunikasi secara efektif atau belum? Apakah kita sudah menerapkan berbagai cara menghemat pulsa atau belum?

Informasi-informasi atau saran-saran tentang hal ini sudah banyak diberikan oleh berbagai pihak, tetapi sayangnya, masih banyak sekali orang yang kurang memberi perhatian pada hal-hal seperti ini. Hasilnya cara mereka berkomunikasi menjadi tidak efektif dan menghasilkan pemborosan kuota dan pulsa.

Cobalah lakukan beberapa hal tentang cara-cara menghemat pulsa di bawah ini karena sudah pasti akan membantu Anda dalam menghemat pengeluaran.

Cara Menghemat Pulsa

Berbicara Dengan Efektif (Singkat dan Padat)

Salah satu penyebab dari cepat habisnya pulsa HP adalah mengobrol secara panjang lebarĀ  dan tak tentu arah. Kebiasaan buruk ini adalah salah satu penyebab dari membengkaknya tagihan telepon di masa lalu, dan di masa sekarang merupakan satu dari beberapa faktor utama penyebab habisnya pulsa dengan cepat.

Bicaralah seefektif mungkin. Sampaikan tujuan menelpon dan apa yang hendak disampaikan dalam waktu yang singkat. Tidak perlu bertele-tele.

Pakai Sistem Paket

Jika memang hal yang perlu dibicarakan akan memakan waktu panjang, belilah paket bicara atau menelpon yang disediakan provider.

Dengan begitu meski percakapan akan lebih lama, pulsa yang tersedot adalah tetap.

Jangan Pakai Smartphone Untuk Streaming (Youtube dan Sejenisnya)

Menonton video secara online lewat Youtube atau yang lain selama perjalanan tentunya akan membantu membunuh waktu dan menghindarkan kejenuhan. Memang menyenangkan.

Tetapi, ada tetapinya.

Streaming video dari website manapun akan memakan kuota internet yang ada secara cepat. Hal ini terjadi karena ukuran file video termasuk besar dan kadang bermega-megabyte. Bahkan jika ukuran video yang dipilih adalah HD (High Definition), yang enak untuk ditonton, ukurannya berkali-kali lipat dari video normal.

Jika ini dilakukan berulangkali, kuota internet akan habis terpakai dalam waktu singkat. Jika kuota internet habis, seringkali otomatis, tarif internet yang dipergunakan adalah tarif normal yang rata-rata Rp. 1/KB.

Padahal 1 video youtube bisa mencapai 4-5 bahkan 15 Megabyte (15.000 Kilobyte).

Perhatikan Sisa Kuota Internet dan Masa Berlakunya

Masih berkaitan dengan di atas, tentang video. Jika kuota internet mendekati habis, lebih baik segera membeli kuota extra. Hal ini masih lebih baik dibandingkan jika kuota internet habis dan diberlakukan tarif normal Rp. 1/KB.

Jatuhnya akan mahal sekali dan pasti menggerus pulsa yang ada.

Pergunakan WA (Whatsapp) Call atau Skype

Memang belum sebagus jika kita mempergunakan telepon. Sistem VOIP (Voice Over Internet Protocol) ini memang kualitasnya masih kurang baik, tetapi, jika kita memakai paket internet, maka kita bisa menghindarkan pemakaian pulsa.

WA Call atau Skype memakai internet dan bukan jalur telpon seluler. Oleh karena itu tidak dikenakan biaya. Apalagi jika ada Wi-fi di sekitar kita, hal itu berarti tidak kena biaya pulsa menelpon dan kuota internet tetap terjaga.

Jangan Ikut Terlalu Banyak WA Group

Bergabung dengan banyak teman di sebuah grup WA atau BBM (Blackberry Messenger) memang menyenangkan.

Tetapi, perhatikan. Kebanyakan grup seperti itu akan berisi banyak sekali sharing berupa foto dan video. Ukuran foto dan videonya tentu saja lumayan memakan kuota internet, terutama kebanyakan dari mereka hanya asal comot dan tidak melihat ukuran image dan videonya.

Bergabung dengan terlalu banyak grup hanya akan mempercepat habisnya kuota internet dan ujungnya kita harus membeli pulsa lebih banyak lagi.

Kurangi. Bergabung dengan grup yang penting saja.

Pergunakan Kartu Prabayar Yang Sama Dalam Keluarga

Cara menghemat pulsa yang satu ini banyak diabaikan. Si bapak menggunakan IM3, si ibu menggunakn Simpati dan anak-anaknya memakai XL.

Hasilnya ketika berbicara maka tarif yang dikenakannya lebih besar.

Jika komunikasi kita lebih banyak dengan anggota keluarga yang lain, menggunakan kartu prabayar yang sama akan lebih menguntungkan karena tidak terkena biaya interkoneksi. Selain itu para provider biasanya memberikan BONUS untuk berkomunikasi antar telpon seluler yang memakai provider yang sama.

Tanya Apakah Rekan atau Kawan Menggunakan Kartu Yang Sama

Kalau mereka menggunakan kartu dari provider yang sama, maka lakukan hal yang sama dengan anggota keluarga.

Jika tidak, manfaatkan WA Call atau Skype.

Pergunakan Bonus

Memang kebanyakan bonus yang diberikan oleh provider yang sama biasanya terbatas waktunya. Tetapi, dengan begitu terbuka kesempatan untuk berkomunikasi lebih lama.

Manfaatkan.

Cari Fasilitas Hotspot

Banyak tempat sudah menyediakan hotspot atau wi-fi gratis. Pergunakan kesempatan ini untuk menggunakan Skype atau WA Call. Dengan begitu kuota internet akan tidak cepat habis dan kita tidak akan cepat harus mengisi pulsa lagi.

Juga, hotspot seperti ini akan membantu mengurangi penggunaan kuota internet kita.

Jangan Terlalu Sering Melakukan Tethering atau Browsing Internet

Jika tidak terpaksa, lebih baik membuka website atau berselancar di internet ketika ada fasilitas wi-fi saja. Hal ini akan mengurangi pemakaian kuota internet. Pergunakan fitur ini hanya jika terpaksa ketika tidak ada wi-fi atau hotspot.

Sering tidak disadari kita mendownload email atau browsing dengan menggunakan mobile data yang akhirnya mempercepat habisnya kuota dan memaksa kita membeli pulsa lagi dan lagi.

Kurangi Menelpon Ke PSTN (Telpon Statis)

Kalau memang situasinya tidak memaksa, jangan menelpon atau mengobrol via PSTN (Pesawat Telpon Biasa). Ada biaya tambahan yang dikenakan jika hal itu dilakukan.

Coba hubungi nomor perangkat seluler yang bersangkutan saja.

Aktifkan Fitur Penguncian

Sering mendapat panggilan tetapi setelah kita terima, ternyata yang terdengar hanya suara seperti orang berbicara kepada orang lain dan bukan kepada kita? Besar kemungkinan hal itu terjadi karena tombol quick dial tertekan secara tidak sengaja.

Hal itu berarti jalur komunikasi terbuka dan tarif tetap dikenakan meski tidak ada pembicaraan sama sekali.

Pastikan fitur penguncian layar diaktifkan agar tombol tidak tertekan secara tidak sengaja.

—-

Masih banyak cara menghemat pulsa yang lain yang bisa dilakukan, selama Anda kreatif.

Juga, perhatikan saran di atas dimana penekanan terhadap penggunaan kuota internet mendapat banyak porsi. Hal ini disebabkan karena pada masa sekarang masyarakat sangat gandrung terhadap penggunaannya dan bisa dikata mengalahkan volume pembicaraan antar smartphone. Justru karena itulah kelalaian dan ketidakefektifan penggunaannya berpotensi sangat besar dalam mempercepat habisnya pulsa Anda.

Mari kawan, kita berhemat. Sayang kalau uang hanya terpakai hanya untuk membeli pulsa saja. Melakukan hal-hal kecil seperti ini bisa sangat membantu mengurangi pengeluaran untuk biaya komunikasi.

Tags: