Cara menguasai bahasa Inggris dengan cepat

Adakah cara menguasai bahasa Inggris dengan cepat ?

Sudah berulangkali pertanyaan seperti itu disampaikan oleh orang-orang yang hendak memulai belajar bahasa Inggris.

Pernahkah terpikirkan? Biasanya yang bertanya seperti itu adalah orang-orang yang sudah lulus dari Sekolah Menengah Atas. Tidak jarang bahkan sudah lulus dari universitas.

Selama mereka melewati jenjang pendidikan mulai Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan Universitas, bahasa Inggris pasti sudah diajarkan. Hasilnya hingga saat bertanya tersebut, mereka masih mencari cara belajarnya. Sesuatu yang menunjukkan bahwa mereka belum menguasai bahasa Inggris.

Padahal kalau dijumlahkan waktu bersekolah berarti sudah lebih dari 9 tahun.

Ironis sebenarnya. Mereka menanyakan sesuatu yang mereka sebenanrya sudah tahu jawabannya.

Sembilan tahun bukan waktu yang sebentar. Seharusnya hal tersebut menunjukan bahwa tidak pernah ada jalan pintas untuk menguasai sebuah keahlian berbahasa.

 

Mengapa masih belum bisa berbahasa Inggris setelah sekian lama ?

Kemungkinan besar karena mereka menganggap bahwa belajar bahasa itu cukup dengan menghapal. Semakin sering mengingat berbagai kata dan cara membuat kalimat dianggap sudah akan membuat mereka mahir berbahasa.

Banyak pula yang beranggapan belajar bahasa Inggris tidak sulit. Cukup mengikuti salah satu kursus bahasa Inggris dan wusss….tiba-tiba mereka sudah bisa ber cas cis cus dengan orang asing.

Kenyataannya tidak demikian.

Untuk menjadi mahir dalam suatu bahasa, baik bahasa Inggris, Perancis, Jepang atau bahkan bahasa daerah membutuhkan lebih dari itu.

Bahasa bukanlah “knowledge” melainkan “skill”. Bila diterjemahkan, bahasa bukanlah pengetahuan tetapi keahlian. Kalimat yang saya kutip dari seseorang tersebut secara tepat menjelaskan permasalahan kebanyakan orang dalam belajar bahasa asing.

Bedanya dimana antara “knowledge” dan “skill”

Bayangkan anda sedang membaca sebuah buku pelajaran bahasa Inggris. Isinya biasanya berupa pelajaran tentang vocabulary/kosa kata, grammar/tata bahasa.

Anda bisa hapal berbagai bentuk pola yang ada dalam buku tersebut.

Apakah anda berarti sudah mahir berbahasa Inggris? Jawabnya “BELUM”

Anda masih pada tahap menyerap “knowledge” alias pengetahuan. Teori tentang berbagai pola kalimat, jenis kata adalah bagian dari pengetahuan atau informasi.

Nah, selanjutnya ketika anda mulai mempraktekkan baik dengan menulis (writing) ataupun berbicara (speaking), pada saat itulah proses mendapatkan skill atau keahlian dimulai.

Tidak berbeda dengan seorang montir motor. Dia pertama akan dididik dengan berbagai teori bagaimana memperbaiki sebuah motor. Dia akan diberi berbagai informasi tentang spare part, karakter motor dan lain sebagainya.

Setelah itu dia akan melakukan yang namanya praktek lapangan dimana dia bisa mencoba mempraktekkan apa yang dipelajarinya.

Ini adalah proses mendapatkan yang namanya skill atau keahlian.

Bila knowledge dikaitkan dengan jumlah informasi yang diserap, skill lebih terkait dengan seberapa sering anda berusaha mempraktekkannya di dunia nyata.

Semakin banyak anda membaca atau mendengar, maka semakin banyak informasi yang didapat. Semakin sering anda melakukan praktek, maka semakin tinggi skill anda.

Berbahasa Inggris (dan bahasa asing lainnya) memerlukan keduanya. Knowledge dan skill adalah sesuatu yang sebenarnya berasal dari satu hal, bahasa.

Jadi adakah cara menguasai bahasa Inggris dengan cepat ?

Jawabnya ? A D A

Ya. Memang ada cara menguasai bahasa Inggris dengan cepat. Meskipun demikian bukan seperti yang anda bayangkan.

Kalau anda membayangkan bahwa bisa melompati tahap knowledge untuk mendapatkan skill, anda membuang waktu. Kalau anda membayangkan dalam waktu 3-4 minggu kursus bahasa Inggris , lalu skill anda langsung bisa berbicara seperti orang Amerika, berarti anda tidak paham dengan yang dijelaskan di atas.

Meskipun demikian memang benar ada cara belajar bahasa Inggris dengan cepat (sampai setidaknya orang asing bisa menangkap apa yang kita sampaikan).

Seberapa cepatnya akan tergantung pada anda sendiri. Anda yang menentukan.

Bila anda ingin bisa dalam 3-4 minggu, berarti anda harus belajar siang dan malam untuk menghapal semua tenses, vocabulary dan sesuatu yang disebut “knowledge”. Kemudian untuk mendapatkan skillnya, anda harus memanfaatkan 24 jam waktu anda untuk bertemu orang-orang asing untuk melatih kemampuan berbahasa Inggris.

Atau…anda bisa mengatur sehingga kegiatan belajar ini tidak mengganggu kehidupan anda. Buat target waktu yang sedikit lebih panjang anda memiliki sesuatu yang harus dicapais. Katakanlah satu tahun sehingga waktu anda bisa dibagi dan jadwal yang dibuat tidak mengganggu kehidupan sehari hari.

Dalam rentang waktu tersebut anda harus siap untuk konsisten untuk terus berlatih, berlatih dan berlatih. Ketidakkonsistenan dalam melakukan latihan hanya akan membuat semakin panjang proses belajarnya.

Hanya itu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keahlian berbahasa Inggris (atau bahasa asing lainnya)/

Yang pasti, jangan tanyakan lagi “bagaimana cara menguasai bahasa Inggris dengan cepat”. Hal tersebut membuang waktu anda. Tidak akan ada jalan pintas dan tidak akan pernah ada.

Lebih baik anda segera membuka buku pelajaran bahasa Inggris di SMP atau SMA. Kebanyakan buku pelajaran bahasa Inggris isinya kurang lebih sama.

Mulailah dari hal yang paling mudah. Bergeraklah perlahan tetapi konsisten. Bila dirasa sudah mampu beranjak ke tingkat yang lebih tinggi atau sulit. Terus dan terus.

Hanya andalah yang bisa menentukan seberapa cepat atau lama proses tersebut akan berlangsung. Bukan orang lain, anda adalah kunci dari semuanya.

 

 

Bogor, 17 Mei 2015

 

 

 

Tags: