Cara Sederhana Untuk Mengusir Stres Dan Menjadi Pribadi Positif

Pernah merasakan depresi? Atau sedang mengalami? 😀 Saya pernah! Saat itu, saya berpikir bahwa segalanya berjalan tidak sesuai seperti yang diharapkan. Jangankan untuk melanjutkan hidup, berjuang untuk bangun dari tempat tidur dan memulai hari pun rasanya sangatlah sulit. Saat itu, seolah merasa takut untuk menghadapi dan menjalani kehidupan. Padahal, yang saya inginkan saat itu hanyalah hidup normal tanpa beban. 😀 Tetapi, bagaimana dapat menjalani hidup dengan normal jika memandang segala sesuatu dengan pikiran negatif? Di bawah ini beberapa cara sederhana untuk mengusir stres dan menjadi pribadi positif yang akhirnya saya lakukan. 😀 Mudahan-mudahan, dapat membantu. 😉

cara sederhana untuk mengusir stres dan menjaid pribadi positif

gambar diambil dari www.pixabay.com

Seperti yang kita tahu, berpikir positif dapat membantu kita mengangani masalah keseharian dengan mudah. Dengan berpikir positif, kita dapat mengusir kekhawatiran dan juga pikiran-pikiran yang negatif. Kita dapat melihat hidup dari sisi terang. Sehingga, dapat membawa perubahan dalam hidup kita; menjadi lebih bahagia dan lebih cerah; selalu berpengharapan yang terbaiklah yang akan terjadi.

Bagaimana caranya agar dapat mengusir stres dan selalu berpikir positif?

Jika sedang mengalami depresi atau tekanan dan ingin menjadi pribadi yang positif, cobalah beberapa cara sederhana di bawah ini.

  1. membuat catatan harian
    • jika dalam keadaan tertekan/stres, kita dapat mencatatnya, misal menuliskannya di buku harian. Di sana kita dapat menuliskan apa yang menyebabkan kita stres, berpikir negatif, merasa khawatir, kenangan yang tak menyenangkan, juga situasi yang negatif. Dengan demikian, kita dapat melihat apa yang menyebabkan timbulnya stres dan pikiran-pikiran negatif yang ada pada diri kita.
  2. berpikir rasional
    • saat sedang berada dalam tekanan, biasanya kita tak dapat berpikir rasional. Maka dari itu, ambillah waktu sesaat untuk merenungkan dan menanyakan kepada diri sendiri apakah layak bagi kita untuk marah, benci, kesal, dll. Usahakan jangan membuat keputusan di saat sedang marah. Karena, biasanya, hasilnya akan menimbulkan penyesalan.
  3. menerima kenyataan
    • ikhlas menerima kenyataan apapun dengan lapang dada. Kita dapat menjadikan pengalaman buruk sebagai pelajaran untuk berkembang. Pengalaman tersebut akan menjadi lebih dari sekedar sebuah kisah sedih belaka, tetapi kita dapat menggunakannya menjadi motivasi hidup untuk masa depan.
  4. tetap bersemangat
    • badai pasti berlalu, kita sering mendengar kata-kata seperti itu, bukan? Percayalah, sesulit apapun keadaan, bahkan yang terlihat tanpa harapan sekalipun, akhirnya akan terlewati juga. Tetaplah bersemangat dan berusaha dengan gigih.
  5. berusaha tetap positif
    • tetaplah berpikir positif meski berada di lingkungan negatif. Usahakan menghindari informasi-informasi negatif (seperti tindak kriminal atau gosip). Sebaliknya, carilah informasi/berita-berita yang harmonis, tentang kepedulian dan kasih sayang, juga cinta kasih.
  6. jangan lupa bersyukur
    • banyak bersyukur akan merubah pola pikir kita. Kita akan mendapatkan manfaat yang sangat besar jika sering bersyukur. Dengan bersyukur kita dapat memperbaiki hubungan antar sesama, hidup lebih bahagia, menumbuhkan cinta kasih, dan selalu berpikir positif.
  7. mengatur ritme hidup
    • kehidupan saat ini menuntut orang untuk beraktifitas dengan energi tinggi. Sibuk dan tergesa-gesa. Aturlah ritme hidup seperti matahari, yang memiliki irama teratur untuk terbit dan tenggelam setiap harinya. Bekerjalah secara perlahan tapi pasti, tak bersuara tapi berbuat banyak. Bukankah matahari tak pernah tergesa-gesa dan terlalu bersemangat? 😉
Tags: