Ciri Khas Tari Bali : Tidak Bisa Diam

Berbeda. Sangat berbeda. Maksudnya, ciri khas Tari Bali sangat berbeda dengan beberapa jenis tarian lain di Indonesia, terutama tarian dari pulau Jawa (Jawa Tengah).

Bila tarian dari kawasan Jawa bagian Tengah biasanya gemulai dan lembut, tari bali justru menunjukkan sesuatu yang berkebalikan.

Apa saja sih ciri khas Tari Bali? Silakan teruskan membacanya.

Ciri Khas Tari Bali

1) Ekspresif

Coba saja perhatikan wajah para penari Bali. Pernahkah Anda melihatnya datar tak beremosi? Tidak akan pernah.

Wajah para penari dalam berbagai tarian tradisional Bali akan menyesuaikan dengan irama dan situasi. Bentuknya bisa berupa senyuman tipis, kerlingan mata, atau alis yang mengangkat.

Ini memang karakternya. Emosi tari harus mampu juga diterjemahkan dalam bentuk permainan wajah yang menyesuaikan dengan irama.

2) Dinamis

Pernah dengar musik tari Bali? Jika sudah tentu Anda menyadari betapa musik pengiring tari Bali akan selalu dinamis dalam hal nada. Kadang naik, kadang turun, kadang tinggi, kadang rendah, kadang cepat, kadang lambat. Tidak statis.

Hal ini membuat gerakan Tari Bali pun menyesuaikan dengan irama pengiringnya. Mereka bergerak terus dan tidak pernah diam tetapi tidak selalu cepat. Terkadang yang bergerak hanya bagian kecil saja dari anggota tubuh penari, seperti jari-jari atau matanya saja, tetapi sang penari akan tetap terus bergerak.

3) Posisi Kaki

Perhatikan posisi kaki para penari Bali. Jarang sekali kakinya berada pada posisi tegak lurus. Biasanya posisi kakinya agak membengkok atau berada dalam posisi rendah. Bahkan ketika berjalan pun posisi ini tetap dipertahankan.

Ini ciri khas Tari Bali yang membuatnya agak berbeda

4) Posisi Tangan

Pernah melihat posisi tangan penari Bali menempel pada badannya? Kemungkinan besar tidak karena ciri khas lainnya adalah posisi tangan yang agak menjauh dari tubuh dan terangkat.

Hal ini membuat bahu sang penari biasanya selalu terlihat agak terangkat.

Tidak percaya? Coba saja lihat dan perhatikan sendiri

Hal itu saya lihat beberapa kali saat berkunjung ke Bali dan melihat pagelaran tari Bali di beberapa tempat. Kalau Anda sudah melihat dan menemukan ciri khas Tari Bali lainnya, silakan berbagi?

Rate this article!
Tags: