City Blogging : bercerita tentang kota

City blogging namanya. Kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, maka bisa diartikan sebagai ngeblog tentang kota. Bloggernya biasa disebut dengan city blogger.

City blogger akan membahas berbagai hal yang berkaitan dengan kota mereka. Ada yang menggambarkan layaknya sebuah koran lokal tetapi tidak jarang juga yang memilih bagian tertentu saja, seperti wisata atau bisnis.

Berbeda dengan trevel blogging dimana orang asing, dari luar kota yang menggambarkan tentang kota yang dikunjunginya, city blogging dilakukan oleh penghuni kota yang bersangkutan. Bisa juga dilakukan oleh orang luar yang menetap.

Keuntungan city blogging

Sebagai penghuni kota yang bersangkutan, sang blogger jelas memiliki banyak keuntungan. Dia dekat dengan sumber inspirasinya. Dia diperlengkapi dengan pengetahuan yang sudah didapatnya dalam kesehariannya.

Kalaupun, sang blogger harus mencari informasi dan data, atau ketika kehabisan ide, dia hanya perlu berkeliling di kotanya saja. Sambil berbelanja, atau bermain dengan keluarga di sekeliling kota dapat memberikan banyak.

Biasanya seorang city blogger akan memperlengkapi dirinya dengan kamera. Obyek-obyek yang menarik dapat segera direkam. Foto-fotonya biasanya original dan masalah hak cipta tidak akan menjadi sebuah masalah karena dia menghasilkan produk lain berupa gambar-gambar dari kotanya.

City blogger biasanya mirip dengan wartawan koran lokal.

Kekurangan city blogging

Kebosanan adalah tantangan yang utama. Berkecimpung hanya di dalam kotanya akan membuat city blogger bisa merasa bosan. Apa yang sudah dilihatnya setiap hari, harus kembali dibicarakan dan dilihat berulang kali. Apa yang sudah diketahuinya harus kembali dicek ulang, dilihat lagi dan lagi.

Selain itu kekurangan lainnya adalah ketika ada ide yang tidak berkaitan dengan kotanya. Dorongan untuk menulis akan kuat tetapi kalau sang blogger menulis maka topik tulisan akan melenceng dari tema blognya. Kepintaran si blogger akan terus ditekan untuk menemukan cara memadukan ide-ide tersebut.

Yang paling utama, apalagi bila si pelaku city blogging ingin memonetisasi blognya, maka pasar akan menjadi masalah tersendiri. Apabila kotanya adalah kota terkenal, besar dan menjadi tujuan wisata, maka pangsa pasarnya besar. Sebaliknya bila yang ditulis adalah sebuah kota kecil yang namanya tidak pernah didengar, maka akan sulit mencari pembaca yang mau membaca blognya. Butuh sebuah usaha pemasaran ekstra keras untuk menarik pembacanya.

City blog

Adakah city blog atau blog tentang kota berhasil dan menjadi terkenal. Jawabnya banyak !

Salah satu diantaranya adalah David Lebovitz . Seorang chef / juru masak asal California yang menetap di Paris. Ia membahas mengenai berbagai makanan di kota yang terkenal dengan mode dan kulinernya tersebut.

Di setiap kota ada city blogger, New York, Brussels, Beijing, Liverpool dan lain sebagainya. Selalu ada seseorang yang tertarik menceritakan kota tempat tinggalnya kepada orang luar.

Contoh satu lagi, ya domain utama blog ini adalah contoh lain dari city blogging. Lovely Bogor dibuat berdasarkan konsep tersebut.

Apakah anda berminat melakukan city blogging ? Tidak susah kok. Sumbernya tersedia di sekeliling kita.

 

Tags: