Delman Buah Karya Pak Deeleman

Tentu Anda sudah tidak asing dengan kendaraan tradisional yang satu ini. Namanya berbeda di berbagai daerah di Indonesia, bendi, andong adalah sebagian nama lainnya. Meskipun demikian, nama umum yang disematkan oleh orang Indonesia pada kendaraan ini adalah DELMAN.

Kendaraan ini bisa ditelusuri keberadaan sejak berabad-abad yang lalu. Penggunaan kuda sebagai hewan penarik kereta bukanlah hal yang asing dalam budaya di berbagai negara.

Di Indonesia sendiri, hal yang sama juga sudah ditemukan sejak zaman dahulu kala. Hal tersebut bisa terlihat dari kata kereta kencana yang terdapat dalam kamus bahasa Indonesia. Hal tersebut menunjukkan kendaraan ini bukanlah barang baru dalam budaya Indonesia.

Meskipun demikian delman seperti yang kita kenal di masa sekarang usianya jauh lebih muda. Kehadiran kendaraan ini di Indonesia bisa ditelusuri hingga abad ke-18.

Hal tersebut bermula dari ide seorang insinyur Belanda yang bermukim di Hindia Belanda. Ia mengkreasikan kereta kuda menjadi bentuk yang sekarang ini. Nama insinyur tersebut adalah Charles Theodore Deeleman.

Ya, betul kata delman yang umum dipergunakan untuk merujuk kendaraan ini adalah hasil lidah orang Indonesia mengucapkan nama akhir sang insinyur Deeleman.

Orang Belanda di masa itu sendiri menyebut kendaraan ini dengan dos-a-dos yang artinya punggung pada punggung. Sebutan ini merujuk pada posisi duduk penumpang di dalam kereta yang ditarik seekor kuda ini. Lagi-lagi istilah ini melahirkan kata baru yang sampai sekarang tetap ada yaitu “sado”.

 

Sinonim lainnya dari delman adalah dokar. Kata ini merupakan adopsi dari bahasa Inggris yang merujuk pada kereta kuda yang sebenarnya berbentuk berbeda dengan delman. Dogcart biasanya berkursi dua dengan kotak untuk tempat anjing pemburu. Lidah orang Indonesia di masa tersebut melafalkan dog-cart menjadi dokar.

Di masa kini semua kata tersebut merujuk hal yang sama, yaitu delman.

Kebanyakan versi delman yang beredar di Indonesia mengadopsi delman versi Deeleman. Bentuknya tidak mengalami banyak perubahan. Salah satu perubahan yang paling menyolok adalah pemakaian ban mobil pada versi masa kini. Ban mobil menggantikan roda kayu tinggi yang dulunya dipakai.

Jadi, bila Anda melihat kendaraan ini tentu sekarang Anda sudah bisa menjelaskan pada anak Anda darimana kata delman berasal.

 

Rate this article!
Tags: